KEUTAMAN MEMAAFKAN SETIAP INSAN MENJELANG RAMADHAN

01 Feb 2024

Saling memaafkan di bulan ramadan merupakan anjuran yang diajarkan dalam agama Islam. Seberat apapun kesalahan orang lain pada kita, Allah Swt tetap memerintahkan setiap hamba-Nya untuk melapangkan dada terhadap kesalahan sesama. Dalam Al-Quran Allah berfirman:

وَلَا يَأْتَلِ أُولُو الْفَضْلِ مِنْكُمْ وَالسَّعَةِ أَنْ يُؤْتُوا أُولِي الْقُرْبَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَالْمُهَاجِرِينَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۖ وَلْيَعْفُوا وَلْيَصْفَحُوا ۗ أَلَا تُحِبُّونَ أَنْ يَغْفِرَ اللَّهُ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

“Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kalian bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah. Dan hendaklah mereka memberi maaf dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin Allah mengampuni kalian? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. An-Nur: 22).

Melalui ayat diatas, kita mengetahui bahwa saling memaafkan merupakan sikap mulia yang hendaknya dimiliki setiap orang karena Allah sendiri Maha Pemaaf dan menyayangi hamba-Nya. Apalagi jika saling bermaafan di bulan ramadan, pastinya hal tersebut dapat menjaga hubungan silaturahmi.

#behaestex #SarungBHS #Behaestex #sarungtenun #sarungtenuntangan #sarungindonesia #sarungan #sarungsantri #sarungatlas #sarungbhsoriginal