Waspada! Corona Menyerang Imun dan Iman

05 May 2020

Wabah corona yang menyerang hampir seluruh negara di dunia memang meresahkan banyak orang. Tak sedikit aktivitas manusia yang akhrinya mau tidak mau harus berubah demi keselamatan. Salah satunya adalah beribadah dari rumah. Masker dan hand sanitizer merupakan barang-barang yang harus dibawa ketika terpaksa harus keluar rumah. Tidak hanya proteksi diri yang diperketat, namun keimanan diri juga harus lebih ditingkatkan selama pandemi ini berlangsung. Yuk, simak penjelasan di bawah agar menambah imun dan iman Sobat Atlas!

1. Tetap Mengikuti Arahan Ulama dan Ahli

Mengikuti arahan ulama dan ahli dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesadaran akan bahayanya wabah ini dan cara-cara melindungi diri dan keluarga. Tentunya Anda juga harus memperhatikan latar belakang pendidikan atau ilmu dari ulama atau ahli tersebut, ya!

2. Percaya bahwa Setiap Cobaan Akan Ada Jalan Keluarnya

Wabah ini merupakan salah satu ujian dari Allah SWT untuk para hambaNya. Namun, ketahuilah bahwa Allah tidak menguji di luar batas kemampuan hambaNya. Seperti yang ditegaskan di surah Al-Baqarah ayat 286 yang artinya:

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir"

3. Meyakini Setiap Rezeki Sudah ditentukan Allah SWT

Rezeki memang sudah diatur dan sudah ditentukan oleh Allah SWT. Manusia tetap harus berikhtiar namun tetap ketentuan rezeki kita Allah-lah yang mengatur. Seperti yang telah diriwayatkan oleh Muslim dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash yang bunyinya:

Allah telah mencatat takdir setiap makhluk sebelum 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.”

4. Selalu Ikhtiar dan Tawakal dengan Maksimal

Ikhtiar berarti terus berupaya dan berbuat, tidak hanya diam saja. Namun, percuma jika semua yang Anda lakukan tidak dibarengi dengan Tawakkal yang artinya menyerahkan seluruh urusan di bumi kepada Allah SWT. Perlu diingat, tawakal tidak sama dengan pasrah, lho!

5. Sabar Supaya Mendapat Pahala

Setelah berikhtiar dan tawakal baiknya dilanjutkan dengan tahap selanjutnya yaitu bersabar. Menerima dan ridha serta rela atas setiap keputusan yang telah diatur oleh Allah. Ikhlas akan kejadian yang telah ditetapkan menjadikan Anda pribadi yang semakin beriman dan disenangi oleh Allah SWT karena apapun yang telah Allah tetapkan pasti sebenarnya untuk kebaikan hambaNya.

Mari kita berdoa agar diberi kesehatan dan keselamatan menghadapi masa pandemi ini. Untuk hasil, serahkan kepada Allah SWT dengan tawakal, dan sabar. Wallahu A’lam.