Tips Menjalankan Puasa Sunnah Lancar Di Masa Pandemi

09 Sep 2021

Masa pandemi bukan menghalangi langkah anda untuk tetap menjalankan puasa sunnah. Tetapi dalam hal ini harus mengikuti tips menjalankan puasa sunnah agar tetap lancar sampai adzan maghrib. Sebenarnya dalam menjalankan puasa sunnah memang sama saja dengan puasa biasanya. 

Tetapi ada hal yang membedakan yaitu waktu yang sudah ditentukan. Misalnya saja kalau mau menjalankan puasa senin kamis maka harus dilaksanakan setiap hari dan kamis saja. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan:

Berolahraga

Berolahraga bisa membantu anda agar tetap sehat bugar walaupun berpuasa. Tips menjalankan puasa sunnah ini bisa dilakukan saat anda berpuasa. Misalnya saja anda bisa melakukan olahraga kecil saja seperti berlari-lari kecil di rumah. 

Dalam berolahraga juga tidak perlu berlebihan hanya sekita 15-30 menit saja bisa menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Setelah berolahraga jangan lupa berikan waktu istirahat agar tubuh tetap dalam keadaan yang sehat

Harus Memiliki Niat

Tips menjalankan puasa sunnah yang kedua harus memiliki niat. Biasanya setiap orang ingin berpuasa karena memiliki niat tertentu. Misalnya bagi para wanita ingin membalas puasa Ramadan kemarin, diharapkan dengan adanya puasa ini bisa menjadi gantinya. 

Selain itu, jangan lupa untuk membaca niat puasa sunnah terlebih dahulu. Niat puasa sunnah memang berbeda-beda jadi tergantung dari puasa seperti apa yang dijalankan. Pastikan mencari terlebih dahulu niatnya di internet. 

Menghindari Rokok

Tips menjalankan puasa sunnah yang ketiga ini bisa terhindar dari rokok. Merokok tidak akan mendapatkan apa-apa melainkan hanya mendatangkan penyakit saja. Oleh karena itu, lebih baik berhenti saja merokok dibandingkan mengundang kematian. 

Berbeda kalau melakukan puasa sunnah, ada banyak sekali hal yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah bisa mendapatkan pahala. Bukan hanya itu saja, melainkan bisa melatih diri untuk melakukan puasa di bulan Ramadhan. 

Melakukan Protokol Kesehatan

Walaupun melakukan puasa sunnah tips menjalankan puasa sunnah itu perlu dilakukan. Karena agar menghindari penyebaran covid-19 tetap meluas. Oleh karena itu, tetap melakukan puasa sunnah yang dibarengi dengan protokol kesehatan yang tepat. 

Misalnya pada saat mempersiapkan makanan untuk berbuka harus melakukan physical distancing dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada orang yang tertular karena virus corona yang masih meluas. 

Jangan Berpuasa Jika Sakit

Jika anda merasa badan kurang sehat, disarankan untuk tidak berpuasa. Sebab jika tetap berpuasa pada saat sakit maka akan bisa memperburuk keadaan. Lebih baik gunakan waktu untuk beristirahat saja agar kondisi bisa membaik. 

Tips menjalankan puasa sunnah ini memang penting jika keadaan tidak memungkinkan. Maka bisa diganti dengan puasa sunnah di hari lainnya. Misalnya saja jika terpapar virus covid-19 lebih baik tidak berpuasa melainkan bisa langsung istirahat saja. 

Jangan Lupa Untuk Sahur

Walaupun melakukan puasa sunnah tetapi jangan sampai meninggalkan sahur. Karena sahur sangat penting bahkan bisa menjaga agar daya tahan tubuh tetap fit. Usahakan sahur dengan makanan yang bergizi dan bervitamin tinggi. 

Ternyata dalam menjalankan puasa sunnah memang tidak terlalu sulit. Sehingga bagi anda yang sedang melakukan puasa sunnah, tetap dalam keadaan fit. Hal ini penting agar anda bisa menjalankan puasa sampai adzan maghrib berkumandang. Diharapkan dengan adanya beberapa trik ini bisa membantu anda dalam melakukan puasa sunnah.