Tips Memakai Sarung Jacquard untuk Pria Agar Rapi

22 Feb 2023

Sarung jacquard merupakan salah satu dari banyaknya jenis sarung. Saat ini sudah banyak jenis sarung dengan berbagai merek yang bisa menjadi pilihan. Salah satu sarung yang banyak digunakan yaitu jenis jacquard. Sarung ini memiliki tekstur yang halus dengan benang yang berkualitas. 

Bahan dengan serat benang pilihan yang berkualitas mampu membuat sarung ini menjadi pilihan terbaik. Banyak sarung yang memiliki warna dan motif tenunan jacquard yang memiliki perpaduan serasi. Tingkat kerapatan benang pada sarung juga mampu menimbulkan kesan keindahan dan rasa nyaman.

 

Ikuti Tips Ini Saat Memakai Sarung Jacquard Supaya Rapi

Sarung merupakan salah satu benda terpenting terutama pria. Hampir setiap pria khususnya muslim pasti memiliki satu sarung. Banyak pria yang menggunakan sarung jenis jacquard untuk berbagai kegiatan. Berbagai kegiatan tersebut yaitu seperti beribadah, kegiatan keagamaan, santai, atau kegiatan resmi. 

Tidak hanya itu sarung juga biasa digunakan untuk pengganti selimut saat cuaca sedang dingin. Biasanya para pria menggunakan sarung untuk melakukan ibadah shalat. Walaupun begitu, masih terdapat sebagian orang yang memakainya tidak benar. Apabila memakai sarung tidak benar bisa mengganggu rasa kenyamanan. 

Memang memakai sarung itu tidak semudah memakai celana. Memakai sarung jenis jacquard harus dengan cara yang pas supaya nyaman dan tidak lepas. Berikut merupakan tips saat memakai sarung jacquard saya rapi:

1. Gunakan Celana Pendek Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan sarung tentu lebih aman lagi apabila menggunakan celana pendek. Hari ini untuk sebagian orang akan menambah rasa nyaman saat menggunakan sarung. Selain itu menggunakan celana pendek sebelum memakai sarung juga bisa sebagai antisipasi apabila sarung lepas. 

Namun, jika kamu menggunakannya dengan benar maka tidak akan lepas. Jika sudah menggunakan celana, langsung gunakan sarung dengan memasukkan dari atas. Jangan lupa untuk membentangkan ke kanan dan ke kiri supaya lebarnya sama.

2. Perhatikan Jahitan Sarung

Tips memakai sarung jacquard selanjutnya yaitu dengan memperhatikan jahitan sarung. Setiap jenis sarung pasti memiliki jahitan yang menjadi penghubung. Pastikan saat memakai sarung jahitannya berada pada bagian depan tengah. 

Kemudian geser bagian jahitan tersebut ke kanan atau ke kiri dengan menariknya. Apabila kamu menggeser akan jahitan tersebut ke kanan, maka bagian kanan yang harus dilipat terlebih dahulu. Namun, apabila kamu menggeser bagian jahitan tersebut ke kiri, maka bagian kiri yang harus dilipat dahulu.

3. Perhatikan Corak dalam Sarung

Biasanya setiap sarung akan memiliki corak yang berbeda, begitu juga dengan sarung jenis jacquard. Corak pada sarung biasanya akan diletakkan pada bagian belakang. Saat menggunakan sarung perhatikan coraknya supaya terletak pas pada bagian belakang. Pada bagian corak yang berbeda biasanya juga terletak merk. 

Sebaiknya letakkan bagian tersebut pada belakang. Tetapi, apabila kamu tidak ingin merek tersebut terlihat, maka bisa membalik posisi sarung supaya merk berada pada bagian atas. Merk yang ada pada bagian atas tersebut akan ikut terlibat sehingga tidak terlihat.

4. Perhatikan Sarung Bagian Bawah 

Tips memakai sarung jenis jacquard selanjutnya yaitu perhatikan bagian bawah sarung. Kamu harus memperhatikannya jangan sampai terlihat miring. Supaya terlihat lebih rapi, bisa menarik bagian bawah sarung ke atas. 

Selanjutnya, gulung lipatan tadi supaya kencang dan tidak mudah terlepas. Perhatikan juga supaya lipatan bagian depan sejajar dengan belakang. Saat menggunakan sarung, sebaiknya ujung sarung berada pada atas mata kaki.  

Selain sebagai sunnah, hal tersebut juga bisa memudahkan kamu saat berjalan. Selain itu juga bisa menjaga sarung supaya tidak terkena kotoran.

Nah, itu dia berbagai tips memakai sarung jacquard yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti berbagai tips tersebut sarung yang digunakan untuk kegiatan ibadah atau kegiatan sehari-hari bisa terlihat lebih rapi. 

 

Keyword: Sarung Jacquard