Tips Hemat Selama Pandemi COVID-19

20 Jun 2020
Sumber: www.pixabay.com

Anda mungkin saat sedang merasakan sulitnya hidup diantara ancaman virus yang cukup sulit dideteksinya. Selain itu cobaan terhadap segi ekonomi yang membuat banyak usaha harus gulung tikar, banyak yang terkena PHK atau gajinya dipootng lebih dari separuh, atau banyak pula yang harus memutar otak agar karyawan tetap bisa makan namun tabungan semakin tipis.

Di masa pandemi seperti ini secara otomatis penghasilan akan berkurang atau bahkan terhenti, namun kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi. Di artikel ini Anda akan diberikan beberapa tips agar dapat tetap berhemat selama ketidaktentuan kapan berakhirnya masa pandemi ini.

1. Berhemat dengan kurangi membeli makanan jadi

Ketika Anda di rumah saja maka seringkali kita merasa bosan dan kemudian mencari pelampiasan berupa ngemil yang semakin sering. Disaat seperti ini banyak pula bermunculan produk-produk cemilan atau bahkan makanan berat siap saji yang dijual baik itu saudara atau teman dekat. Hal ini dapat membuat Anda terjebak untuk membeli banyak makanan jadi untuk memenuhi kebutuhan ngemil.

Merasa sadar bahwa membeli makanan jadi terlalu banyak dapat membuat pengeluaran jauh lebih besar merupakan kuncinya. Pastikan untuk menahan keinginan jajan atau membeli makanan jadi. Boleh saja membeli makanan jadi, tapi tetap ingat untuk menghemat pengeluaran.

2. Berhemat dengan Menanam sayur dan bumbu dapur

Kegiatan bercocok tanaman di rumah dapat menjadi alternatif dalam berhemat. Selain itu dapat pula sebagai aktivitas penyegaran selama di rumah saja. Menanam sayur dan bumbu dapur di rumah dapat dilakukan dengan mudah.

Potong bonggol dari sayuran dan bumbu yang ingin ditanam seperti, sawi, wortel, kentang, dan jahe, bawang, kunyit, serta daun bawang. Setelahnya tanam di pot yang berisi tanah dan media tanam. Siram dan berikan sinar matahari secukupnya, dan dalam beberapa hari Anda akan mendapatkan calon sayur dan bumbu dapur Anda sendiri.

3. Berhemat dengan Kurangi penggunaan listrik dan air

Selama pandemi ini karena harus berada di rumah saja, maka aktivitas yang dilakuka di rumah akan meningkat dengan cukup tinggi. Penggunaan alat-alat yang membutuhkan listrik, serta penggunaan air akan menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Biasakan untuk tidak menggunakan alat listrik yang tidak diperlukan. Seperti mematikan AC di siang hari, tidak terus-terusan menghidupkan televisi, serta mencabut colokan yang tidak terpakai. Hal tersebut dapat membantu dalam menghemat pengeluaran listrik dan air Anda.

4. Berhemat dengan hindari belanja yang tidak perlu

Kondisi di rumah saja membuat beberapa orang  atau juga Anda menjadi lebih impulsif dalam melakukan sesuatu, salah satunya berbelanja. Ditunjang dengan mudahnya mencari barang secara online dan mudahnya proses pembayaran membuat Anda dapat dengan mudah mengeluarkan kartu kredit untuk berbelanja daring.

Ingatlah bahwa kondisi ekonomi tidak sedang baik-baik saja. Jika Anda saat ini sedang tidak bermasalah dengan kondisi ekonomi, tetaplah waspada bahwa mungkin saja Anda bisa terkena hal tersebut karena kondisi pandemi ini. Maka perhatikan jari-jari Anda, jangan sampai belanja kebablasan ya!

Itulah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini. Tetap semangat dan bertawakal, ya!