Tips Agar Tetap Semangat Beribadah Setelah Ramadan

05 Jun 2020
Sumber: www.pixabay.com

Bulan Ramadan merupakan bulan dimana ibadah dilipatgandakan pahalanya untuk etiap amalan yang Anda lakukan pada bulan Ramadan. Hal itu membuat umat Islam berlomba-lomba untuk melaksanakan amalan dengan sebanyak-banyaknya pada bulan Ramadan. Namun setelah berakhirnya bulan Ramadan seringnya tidak lagi menggebu-gebu untuk beribadah seperti pada di bulan Ramadan.

Agar Anda dan kita semua dapat selalu memiliki semangat yang sama untuk beribadah seperti saat bulan Ramadan, artikel ini akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan. Semoga dengan mengetahui dan memahami betapa pentingnya untuk terus melanjutkan semangat ibadah seperti di bulan Ramadan dapat menjaga semangat dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

1. Musyaratah

Membulatkan tekad dan mengawali dengan niat untuk terus meningkatkan atau mempertahankan ketakwaan. Hal ini salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk terus menjaga ibadah pasca bulan Ramadan.

2. Muraqabah

Merasa bahwa Allah sedang memantau merupakan salah satu tips untuk tetap menjaga ibadah pasca Ramadan. Sifat ini juga dapat mencegah Anda untuk berbuat dosa dan meninggalkan ibadah. Sifat ini mungkin sudah Anda latih dimasa bulan Ramadan dan hal yang sangat bagus untuk terus dijaga.

3. Muhasabah

Mengintropeksi diri Anda dapat membuat semangat dalam menjaga ibadah terjaga. Merasa bahwa diri belum melakukan ibadah dengan sempurna dapat mencegah rasa malas dalam beribadah.

4. Mu’aqabah

Jika Anda melakukan kesalahan atau kelalaian meninggalkan ibadah, sanksi diri Anda sendiri. Hal tersebut untuk mencegah agar Anda tidak melakukan hal itu lagi.

5. Muhajadah

Mengumpulkan segenap kemampuan pada diri Anda untuk mengatasi kelalaian dalam melaksanakan ibadah. Kuatkan tekad Anda untuk selalu menjalankan kewajiban ibadah.

Demikian tips bagi Anda dalam mempertahankan konsistensi dalam beribadah pasca bulan Ramadan.