Sempurnakan Separuh Agamamu dengan Pernikahan

02 Jul 2019

Pernikahan adalah sebuah upaya menyatukan pasangan manusia laki-laki dan perempuan dengan akad yang sah menurut Islam, pernikahan juga ternyata salah satu syarat untuk menyempurnakan setengah dari agama kita. Seperti yang Rasulullah contohkan dan ajarkan Di zaman yang sangat maju seperti sekarang ini, banyak sekali pengajian tentang pernikahan yang bisa kita ikuti di setiap masjid yang ada di kota-kota di daerah kita, tidak hanya bisa diikuti di pengajian secara langsung saja tetapi juga bisa melihat pengajian tentang pernikahan di sosial media seperti Youtube, Instagram dan lain sebagainya. Untuk para pemuda yang masih belum menikah memang sangat sulit menahan dan membentengi diri dari syahwat. Inilah solusi yang tepat dikala mampu secara fisik dan finansial adalah dengan pernikahan.

 

Allah sempurnakan separuh agama dengan menikah

Dari sahabat yakni Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

 

Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya bertakwalah pada Allah SWT pada separuh yang lainnya.” (HR. Al-Baihaqi)

 

Lihatlah bagaimana Rasulullah SAW telah bersabda bahwa menikah mampu menyempurnakan separuh dari agama kita. Selain itu kita juga harus menjaga dan membentengi diri dari berbagai cobaan hawa nafsu yang kapanpun bisa mengganggu. Pernikahan berarti membentengi diri dari salah satu cobaan yakni perzinahan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Itulah berarti dengan menikah kita akan menyempurnakan separuh agama, dan separunya lagi ia tinggal menjaga diri dan lisannya.

 

Kenapa masih ragu dengan pernikahan

Sebagian para pemuda sudah diberikan kesanggupan dan keluasan rizki oleh Allah SWT. Bahkan ada yang sudah memiliki usaha yang begitu besar dengan penghasilan yang pastinya lebih dari cukup bukan, namun masih saja membujang dan belum juga menuju ke pelaminan. Ada juga yang beralasan belum siap dengan apa yang akan terjadi setelah nikah dan ada juga yang beralasan terlalu muda untuk menikah. Nah itulah kenapa kita memberi saran untuk mulai melihat pengajian tentang pernikahan di sosial media atau dengan ikut langsung ke kajiannya. Atau dengan memulai berta’aruf dan melamar ke seorang perempuan dengan mendatangi ayahnya dan meminta persetujuan.

 

Nah itulah sedikit penjelasan bahwa pernikah itu mampu menyempurnakan agama kita dan juga mampu menahan diri dari godaan apapun yang akan mengundang murkahnya Allah SWT. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga sukses.