Sejarah Singkat Tentang Peristiwa Isra dan Miraj

04 Mar 2019

Siapa sih yang tidak tau tentang peristiwa mulia Isra dan Miraj ini? Hampir atau bahkan seluruh kaum Muslim tau tentang kejadia bersejarah ini. Isra dan Miraj adalah sebuah perjalanan di malam hari yang dilakukan oleh Nabi Muhamamd SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di kota Syam, kemudia dilanjutkan menuju ke langit tertinggi yakni Sidratul Muntaha dengan tujuan bertemu Allah SWT dan menerima wahyu sholat lima waktu sehari semalam. Banyak sekali hikma dan arti tentang terjadinya peristiwa Isra Miraj ini, yuk simak selengkapnya.

Perjalanan Isra

Pada dasarnya Isra Miraj adalah dua peristiwa yang berbedah, namun terjadi dalam satu malam. Peristiwa Isra secara singkat pada suatu malam, Rasulullah SAW didatangi oleh Malaikat Jibril dan kendaraan Burraq yang satu langkahnya secepat dan sejauh mata memandang, Rasulullah pun menujuh ke sumur air zam-zam. Di sana Malaikat Jibril membelah dada Nabi Muhammad SAW dan mensucikan hati beliau menggunakan air zam-zam dan setelah itu Rasulullah pun melanjutkan perjalanannya menujuh ke Masjidil Aqsa di Kota Syam dengan mengendarai Burroq dengan Jibril. Diperjalanan Nabi Muhammad melihat-lihat pemandangan indah yang belum pernah beliau lihat sebelumnya, inilah keajaiban yang diberikan kepada Nabi Muhammad pada saat perjalanan Isra dan Miraj.

Kisah perjalanan menuju langit (Miraj)

Setelah peristiwa Isra selesai yakni dari Masjidil Haram Makah ke Masjidil Aqsa di Syam, kini Rasulullah SAW harus melanjutkan perjalanannya menujuh langit tertinggi yang sering disebut dengan peristiwa Miraj.

Bisa dikatakan perjalanan Nabi Muhammad pada peristiwa Miraj ini seperti menjelajah angkasa melihat taburan bintang dan planet-planet yang ada di galaksi. Perjalanan Miraj ini berguna untuk menunaikan tugas spiritual untuk bertemu dengan Allah SWT untuk menerima wakyu yang akan disampaikan pada umatnya. Perjalanan istimewa nabi menujuh ke langit ketujuh adalah hadiah terindah dari Tuhan Yang Maha Esa kepada kekasih-Nya, Rasulullah. Sesampainya di Sidratul Muntaha Rasulullah bertemu dengan Allah SWT untuk menerima perintah Shalat lima waktu sehari semalam.


Makna Isra Miraj dan hikmahnya

 

Peristiwa nyata perjalanan kurang dari satu malam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dijelaskan dan diabadikan oleh Allah SWT di Al-Quran surat Al-Isra ayat 1 yang berbunyi:

Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa yang Kami berkahi sekelilingnya supaya Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda Keagungan Kami. Sesungguhnya, Dia adalah Maha Mendengar dan Maha Melihat.

Itulah sedikit sejarah tentang Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW lengkap yang diceritakan secara singkat beserta dengan ayat, arti dan makna dari berbagai sumber.