Sambut Hari Raya Idul Fitri ini Dengan Amalan-amalan Penuh Berkah

04 Jun 2019

Setelah sebulan penuh kita melakukan kewajiban ibadah wajib yakni puasa Ramadhan dan berperang menahan hawa nafsu, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan merayakan hari raya Idul Fitri. Di berbagai penjuru dunia, umat Muslim biasanya merayakan hari raya Idul Fitri ini dengan menggelar berbagai kegiatan seperti pengajian dan takbiran. Pada malam takbiran, umat Muslim biasanya mengucapkan kalimat takbir (Allahu Akbar) dan pujian-pujian untuk Allah SWT scara bersama-sama. 

Tidak hanya melakukan takbiran keliling saja, ternyata ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan umat Islam untuk menyambut hari kemenangan ini. Inilah beberapa amalan-amalan penuh berkah yang bisa dilakukan saat menyambut hari Idul Fitri.

 

Manghidupkan Malam

Untuk melakukannya bisa dengan melakukan tadarus bersama bersama keluarga di rumah, atau bisa juga dengan berdoa, istighfar, memohon kepada Allah dan bermalam di masjid untuk meramaikan masjid. 

Mandi dan membersihkan diri saat matahari terbenam

Kebersihan adalah sebagian dari iman, kata kata inilah yang sering kita dengar ini ternyata mampu mendatangkan berkah dan pahala dari Allah SWT loh. Pasalnya untuk menyambut malam kemenangan Idul Fitri ini sebaiknya dengan tubuh yang suci dan setelan baju yang bagus.

Mandi sunnah di akhir malam dan berzikir hingga terbitnya fajar di masjid

Allah Ta’ala sangat senang dengan orang-orang yang senantiasa bertaubat dan mengingat Allah. Berdoa, membaca Alquran dalah salah satu caranya untu senantiasa mengingat Allah SWT. Pada malam takbiran ada kalanya untuk bangun di akhir malam dan tidak lupa mandi, kemudian pergi ke masjid dan duduk untuk berzikir hingga terbitnya fajar.

Shalat Tahajut

Allah Ta’ala telah memberi kemudahan dan melebarkan rezeki kepada umat muslim yang bangun di sepertiga malam untuk menunaikan shalat tahajut. Shalat tahajut ini memiliki banyak sekali keutamaan mulai dari melancarkan peredaran darah, didoakan oleh para malaikat, diperbanyak rezkinya dan diampuni seluruh dosa-dosanya yang lalu.

Nah itulah beberapa amala-amalan yang bisa kamu lakukan saat malam takbiran menjelang Idul Fitri. Tidak hanya kusus dilakukan di hari Idul Fitri saja, tetapi amalan-amalan diatas juga bisa dilakukan sehari-hari untuk mencari safaat dan ridho Allah SWT. Semoga bermanfaat.