Rahasia Tata Cara Doa Dikabulkan Allah SWT

25 Feb 2023

Ada begitu banyak tata cara doa dikabulkan Allah SWT. Namun, sebelum kita membahas hingga tahap itu, ada baiknya kita semua memahami dulu makna dari sebuah doa. Doa merupakan perintah yang Allah SWT berikan kepada umat manusia. Doa juga salah satu pertanda rasa syukur seorang hamba atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. 

Adapun doa juga merupakan sebuah cara yang bisa kita lakukan ketika ingin memohon ampunan dosa atau pun menyampaikan harapan-harapan yang kita inginkan. Karena doa juga merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan jika ingin berkomunikasi langsung dengan sang Pencipta, Allah SWT. Oleh karena itu, doa yang dipanjatkan sebaiknya adalah doa-doa yang baik serta mengikuti aturan dan tata cara yang benar agar cepat terkabul. 

Tata Cara Doa Dikabulkan Allah SWT

Sebagaimana ibadah lain yang memiliki aturan tertentu, berdoa kepada Allah SWT juga memiliki aturannya tersendiri. Mulai dari pemilihan waktu yang baik untuk berdoa, cara berdoa yang tepat hingga bagaimana seharusnya kondisi kita saat berdoa. Tata cara itu harus ditaati jika doa ingin cepat dikabulkan. Namun, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan ibadah lain juga seperti infaq, sedekah, atau pun membayar zakat. 

Berikut ini adalah tata cara doa dikabulkan Allah SWT:

1. Berdoalah Di Hari Dan Waktu Yang Mulia

Sebenarnya, berdoa bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Namun, ada juga hari-hari istimewa yang bisa membuat doa kamu lebih cepat terkabul yaitu pada bulan suci Ramadhan, hari Jum'at dan Arafah, atau pun pada sepertiga malam saat sedang sholat Tahajud.

Lalu, kamu juga bisa memanjatkan doa dengan khidmat dalam hari-hari biasa yaitu ketika sedang bersujud, jeda diantara adzan dan iqamah,  setelah sholat wajib, dan diantara dua waktu sholat yaitu Dzuhur dan Ashar atau pun Ashar dan Magrib. Selain waktu-waktu di atas, waktu yang paling tepat agar doa cepat terkabul juga yaitu setelah khatam Al-Qur'an dan saat hujan turun. Jadi, pastikan saat selesai menjalankan sholat wajib kamu berdoa terlebih dahulu ya! 

2.  Berdoa Dengan Menghadap Kiblat

Tata cara doa dikabulkan Allah SWT yang lainnya adalah menghadap kiblat kemudian mengawali doa dengan memuji nama Allah SWT. Panjatkan juga Shalawat untuk Nabi Muhammad SAW. Kemudian, memohonlah ampun atas segala dosa-dosa yang pernah kita lakukan baik itu disengaja atau pun tidak sengaja dengan membaca kalimat syahadat. 

Pastikan kamu juga merendahkan diri dan berdoalah dengan kepasrahan serta suara yang lemah lembutlembut karena Allah SWT merupakan Maha Pendengar. Jadi, kita tidak perlu bedoa dengan suara lantang apalagi berteriak-teriak. Jangan lupa untuk bersabar dan jangan pernah merasa putus asa jika doamu belum terkabul. Karena Allah SWT selalu memiliki caranya tersendiri untuk mengabulkan semua permintaan hamba-Nya.

3. Berdoalah Dalam Keadaan Suci

Hal yang tak kalah penting adalah berdoalah dengan pakaian yang bersih, rapi, dan dalam keadaan suci (sudah berwudhu). Konsumsi juga makanan yang halal karena rezeki yang haram akan mempersulit doa kita cepat terkabul. 

Kamu juga bisa berdoa dengan menyebutkan nama-nama baik Allah SWT atau Asmaul Husna serta membaca Tasbih, Tahmid, serta Takbir. Wajib diingat, pastikan kamu membaca doa dengan khusyu agar doa apapun yang kamu panjatkan akan dikabulkan. 

Di atas merupakan beberapa tata cara doa dikabulkan Allah SWT. Ada baikbaiknya jika kamu mengikuti tata cara tersebut dengan penuh kesungguhan agar doa cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Jangan pernah berhenti berdoa saat belum terkabul juga, justru itu merupakan ujian agar kita senantiasa selalu ingat kepada Allah SWT, karena perubahan tidak akan terjadi tanpa ridha dari-Nya.