Pernikahan Kunci Pembuka Pintu Rezeki

08 Jul 2019

Apakah benar kalau menikah bisa membuka pintu rezeki? Jawabannya adalah iya. Banyak sekali yang sudah membuktikannya sendiri bahwa dengan pernikahan akan mampu membuka pintu rezeki Anda semakin luas. Awalnya hidup dengan gaji yang pas-pasan dan hidup di rumah sempit yang masih mengontrak dan makan pun apa adanya. Dan ternyata Allah SWT memberikan kelapangan setelah kesempitan. Karena di Al-Quran Allah SWT telah berjanji dan menjamin rezeki orang-orang yang menikah yang ingin menjaga keimanan dan kesuciannya hanya karena Allah semata. Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad yang artinya:

Ada tiga orang yang akan mendapatkan pertolongan Allah 1. orang yang berjihad di jalan Allah, 2. orang yang menikah demi menjaga kesucian dirinya, 3. budak mukatab yang ingin membebaskan dirinya.” HR. An-Nasa’i 3218, Tirmidzi 1655, Ibnu Majah 2518.

Allah SWT telah menjamin dan memperbanyak nafkah seorang suami yang senantiasa untuk menghidupi dan membiayai istri dan anak-anaknya. Dari abu hurairah radiyallahu, beliau berkata bahwa Nabi Muhamamd SAW bersabda yang artinya:


Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (gemar memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” HR. Bukhari 1442, Muslim 1010.

Yang dimaksudkan dari Hadist Rasulullah SAW diatas adalah mengeluarkan nafkah yang wajib seperti menghidupi keluarga dan tetap menjalin hubungan kekerabatan atau silaturahim. Dengan kata lain siapa yang memberi nafkah kepada keluarganya dan rajin bersedekah maka seluruh malaikat akan mendoakan supaya orang tersebut mendapatkan ganti yang berlipat-lipat ganda pahalanya. Hal seperti ini sama seoerti yang Allah SWT adabikan dalam Al-Quran yang artinya:

Katakanlah “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi dikehendaki-Nya.” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” QS. Saba ayat 39.

Maksud dari ayat diatas adalah  siapa saja yang mengeluarkan nafkah untuk keluarganya dalam ketaatan kepada Allah maka akan diberikan rezeki yang berlipat-lipat ganda dan juga pahala yang begitu besar. Semoga Allah memberikan keberkahan dalam pernikahan dan semoga bermanfaat.