Percayalah, Allah Akan Mengganti yang Lebih Baik

15 Apr 2020
Sumber foto: www.unsplash.com

Allah Maha Besar dan Maha Mengetahui, ya itulah sifat Allah yang cocok untuk menggambarkan topik ini. Berbicara tentang nikmat, Allah tidaklah mengambil dari hambaNya kecuali Allah akan menyiapkan pengganti yang lebih baik selama hambaNya senantiasa bersabar dalam segala macam cobaan.

Menurut Prof Dr. Mutawalli Assya’rawi, seorang salah satu ulama terkemuka, mengatakan :

Jika Allah mengambil darimu sesuatu yang tidak pernah engkau sangka kehilangannya, maka Allah akan memberimu sesuatu yang tidak pernah engkau sangka akan memilikinya.”

Sungguh Maha Besar Allah SWT, ketika Ummu Salamah ketika suami yang dicintai wafat ia mengucapkan kalimat Istirja’ :

      Innalillahi wa Innailahi Raji’un

Artinya : “Sesungguhnya kita milik Allah, dan dan sesungguhnya kepadanyalah kita akan kembali.”

Berikut ini ada sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya:

“Tidaklah seorang Muslim yang tertimpa musibah, lalu Ia mengucapkan apa yang diperintahkan Allah, ‘Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepadaNya. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini, dan gantikanlah untukku sesuatu yang lebih baik darinya, melainkan Allah akan memberi ganti yang lebih baik. Lalu, Ummu Salamah berkata, “Ketika Abu Salamah meninggal dunia, aku berkata, ‘Siapakah orang Islam yang lebih baik dari Abu Salamah, (penghuni) rumah yang pertama kali hijrah kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?’ Lalu aku mengucapkan doa tersebut, maka Allah menggantikan untukku Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (sebagai suami).”

Cerita lainnya dari Abu Thalhah yang anaknya wafat saat ia pergi berjuang, lalu Allah menggantinya dengan 9 anak yang hafal Al-Qur’an. Maka, dapat disimpulkan bahwa jadikanlah harta di tangan bukan di hati, agar ketika ia hilang dari kita, maka tidak akan sakit hati. Pribadi yang zuhud (cinta akhirat) tidak bergembira karena hartanya bertambah dan tidak bersedih bila hartanya berkurang. Subhanallah...