Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

27 Jul 2020
Sumber: www.unsplash.com

Di negara kita, perayaaan Hari Raya Kurban alias Idul Adha biasanya dimulai dengan Salat Ied, lalu menyembelih hewan kurban, setalah itu kegiatan memasak bersama dan makan bersama – sama dari daging yang diterima hasil kurban.

Namun kemeriahan Idul Adha di Indonesia, pastinya ada perbedaan perayaan di negara lain, berikut  5 negara dengan gaya perayaan Hari Raya Idul Qurban masing- masing.

1. Inggris

Dengan memulai hari raya dengan salat Ied dan kemudian berbagi daging kurban, dan makanan yang biasany dihidangkan adalah makanan yang Gurih. Makanan yang disajikan umumnya adalah makan dari Timur Tengah dan India seperti kebab, haleem (bistik daging dengan gandum dan kacang-kacangan), serta biryani (nasi dengan daging pedas). Setelah itu, mereka akan menyediakan hidangan penutup yang manis seperti kue-kue dan baklava dari Turki.

2. Menurut India.com, hari raya kurban merupakan waktu perayaan yang penting bagi warga kota Srinagar, ibu kota dari negara bagian Jammu dan Kashmir, India. Sebelum Hari Raya Idul Adha datang, warga Srinagar berbelanja baju dan hadiah untuk keluarga dan teman terdekat. 

Adapun saat sholat Ied, biasanya umat Muslim di sana akan melaksanakan sholat dengan memakai pakaian yang bagus-bagus.

Tiga hari menuju Idul Adha, biasanya akan diadakan festival. Jika momen bertepatan dengan liburan, maka pedagang roti, daging, serta makanan manis di festival akan dipenuhi oleh warga dan turis. 

3. Singapura

Jelang Idul Adha, umat Islam di Singapura biasanya selalu mengadakan Bazar. Di sana disediakan berbagai macam bumbu dan bahan-bahan makanan lainnya yang bisa digunakan untuk mengolah daging kurban.

Harga yang ditawarkan juga murah. Lokasi Bazar biasanya berada di kawasan Geylang Serai dan Kampong Glam. Dua tempat ini juga lokasinya dekat dengan masjid Sultan.

4. Pakistan

Di Pakistan, biasanya merayakan Idul Adha selama 4 hari. Selama hari tersebut banyak toko-toko yang tutup karena orang lebih banyak fokus ibadah dan menyembelih hewan kurban.

Sama halnya dengan Indonesia. Pakistan juga membagikan hewan kurbannya kepada saudara, kerabat atau teman. Momen Idul Adha juga dijadikan sebagai ajang kumpul bersama keluarga.

5. Turki

Sama seperti Pakistan, cara masyarakat Turki merayakan Idul Adha ialah selama 4 hari. Perayaan Idul Adha dimulai dengan salat Ied kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Uniknya, hewan yang akan dikurbankan dihias dengan menggunakan pita dan henna.

Daging yang sudah disembelih nantinya akan dinikmati bersama dengan keluarga atau tetangga.

Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Seperti peribahasa; setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Begitupun di berbagai negara. Perayaan idul adha dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Namun tentu saja tidak meninggalkan syariat islam.