Penyebab Tidak Istiqomah dalam Beribadah

13 Oct 2020

Apa sebenarnya istiqomah? Anda mungkin sering mendengarkan istilah tersebut namun terkadang tidak memahami apa sebenarnya istiqomah tersebut. Istiqomah yang sering Anda dengar merupakan sikap yang diperlukan oleh umat muslim dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

Secara bahasa istiqomah merupakan arti dari lurus dan secara  istilah yaitu perbuatan dan sifat yang senantiasa mengikuti jalan lurus yang diridhai Allah SWT. Sikap istiqomah ini perlu dimiliki oleh seluruh umat muslim dalam kehidupan sehari-hari, namun sebagai manusia tentu terkadang dalam urusan ibadah kepada Allah SWT, Anda dan mungkin kebanyakan umat muslim tidak istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Penyebab Anda tidak istiqomah dalam beribadah dapat berupa lalai, hawa nafsu, godaan syaitan, dunia serta lingkungan.

Kelalaian dalam beribadah merupakan hal yang sering terjadi bagi umat muslim. Kelalaian ini dapat membuat Anda tidak istiqomah dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Selain itu tidak dapat melawan hawa nafsu untuk berbuat maksiat seperti misalnya, berzina, mencuri, ataupun perbuatan lainnya yang dilarang oleh Allah SWT juga merupakan penyebab tidak istiqomahnya seorang umat muslim dalam beribadah.

Godaan syaitan merupakan penyebab lainnya yang dapat membuat umat muslim tidak istiqomah dalam beribadah. Keinginan serta tujuan dari syaitan ada di dunia memang untuk menggoyahkan keimanan umat muslim. Oleh sebab itu Allah SWT sudah memperintahkan Anda dan seluruh umat muslim untuk berhati-hati terhadap godaan syaitan yang dapat berakibat buruk karena syaitan adalah musuh yang nyata bagi orang-orang yang beriman.

Terkahir adalah kondisi lingkungan yang dapat menjadi penyebab tidak istiqomahnya umat manusia dalam beribadah. Lingkungan pertemanan Anda yang tidak berisikan orang-orang yang istiqomah dalam beribaadah dapat membawa Anda menjadi tidak istiqomah pula. Namun semua kembali kepada diri Anda yang memutuskan apakah mengikuti lingkungan pertemanan yang ada atau tetap istiqomah walaupun lingkungan tidak seperti itu.