Olahraga yang Dianjurkan oleh Rasulullah SAW

20 Jan 2020

Sobat, Rasulullah SAW akan selalu menuntun kita pada kebaikan. Segala hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, adalah hal-hal baik yang bermanfaat. Salah satunya dalam olahraga. Olahraga membuat kita terhindar dari beragam penyakit yang mengancam tubuh. Olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW diantaranya adalah memanah, berkuda, dan berenang.

  1. Memanah

Sobat, kita mungkin sering mendengar bahwa panahan atau memanah merupakan olahraga yang disunnahkan dalam Islam. Memanah sendiri, memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Panahan membuat kita lebih fokus. Ketika kita membidik sasaran, maka yang dibutuhkan adalah konsentrasi dan fokus. Dengan memanah, kita secara langsung melatih diri kita untuk fokus dan berkonsentrasi. Panahan juga membuat kita lebih rileks. Ketika kita sering melakukan olahraga memanah, kita akan lebih rileks apabila dihadapkan oleh banyak tekanan dan menyelesaikannya dengan tenang. KIta akan mudah rileks karena sudah terbiasa mengatur tubuh dan pernafasan agar tetap stabil.

Sobat, tahukah Anda bahwa dalam Islam ada hadis yang menganjurkan kita untuk melakukan panahan? Allah memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah, serta orang yang melesatkan anak panahnya di jalan Allah. Sabda Rasulullah SAW: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal tersebut lebih baik daripada berkuda,” (HR. Ahmad - 16699).

  1. Berkuda

Berkuda juga merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan Rasullulah SAW. Berkuda membuat otot menjadi kuat, serta dapat menstabilkan otot perut, otot punggung, dan pelvis. Berkuda juga mencegah terjadinya penyakit jantung. Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berkuda, termuat dalam banyak hadis. Beberapa diantaranya adalah:

Sesungguhnya Rasulullah pernah mengadakan pacuan kuda dan memberi hadiah kepada pemenangnya.” (HR. Muslim).

Dalam riwayat Ibnu Majah: “Setiap hal yang melalaikan seorang Muslim hukumnya batil kecuali memanah dengan busur, melatih kuda, dan bercanda dengan istri.”

  1. Berenang

Sudah bukan rahasia lagi jika berenang merupakan olahraga yang memiliki banyak manfaat. Berenang dapat menggerakkan seluruh otot pada anggota tubuh. Tahukah Sobat, bahwa berenang merupakan olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW?

Berenang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh, dan menghindarkan diri dari resiko penyakit diabetes, jantung, dan lainnya. Dalam sebuah hadis riwayat Dailami, Rasulullah bersabda” “Ajarilah anakmu (olahraga) berenang dan memanah” (HR. Dailami). Meskipun hadis ini tergolong hadis yang lemah, namun tidak ada salahnya kita melakukan olahraga renang, mengingat sangat banyaknya manfaat yang dapat diperoleh.

Apapun yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, selalu memberikan dampak yang baik untuk kita. Oleh sebab itu Sobat, tidak ada salahnya bagi kita untuk mulai memperbaiki hidup kita, dimulai dengan berolahraga dan menjalankan olahraga sesuai anjuran Rasulullah SAW.