Menyikapi Masa Depan Dalam Ajaran Islam

22 Jan 2019

Dalam keyakinan umat Islam, Al-Quran adalah kitab hidayah serta petunjuk untuk menjalani hidup yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw, untuk diamalkan dan diajarkan kepada umat manusia di seluruh dunia. Al-Quran adalah kitab suci yang seluruh isinya adalah sebuah kebenaran dan Allah jaga dari kepalsuan dan perubahan hingga akhir zaman kelak. Umat muslim diwajibkan untuk membaca Al-Quran, memahami dan mengamalkan isinya dan menjadikannya petunjuk dan pedoman hidup.

Salah satu tuntunan yang bisa kita temukan pada Al-quran adalah ajaran dan perintah untuk menata dan merencanakan masa depan. Kita diminta untuk membuat perencanaan serta tujuan yang akan kita capai di masa depan hingga di akhirat kelak. Perintah dan tuntunan agar umat Islam baik secara pribadi atau kelompok merencanakan masa depan dengan tuntunan Al-Quran.

Merencanakan masa depan sebagai teladan Nabi Muhammad harus kita sikapi dengan artian yang luas, bukan hanya dalam bidang ibadah untuk selamat di akhirat ataupun dalam bentuk harta warisan untuk anak cucu, tetapi harus mencakup semua aspek dalam kehidupan.

Berbahagialah mereka yang sudah merencanakan masa depan dengan sebaik-baiknya dengan tuntunan Al-Quran dan As-sunnah. Sedangkan bagi yang belum marilah kita menyiapkannya, karena upaya ini merupakan hal yang baik dan menjadi salah satu perintah dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.