Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Merayakan Hari Kemenangan

06 Jun 2019

Idul Fitri adalah salah satu dari kedua hari raya atau hari suci dari umat Muslim di seluruh dunia. Hari raya Idul Fitri dirayakan tepat setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Bagi para sahabat Nabi Muhammad SAW, akhir bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat menyedihkan dan penuh air mata karena kita telah ditinggalkan oleh bulan yang sangat mulia dan didalamnya penuh berkah dan safaat. Tak terasa sudah usai dan pergi, setidaknya satu tahun kita menunggu bulan suci Ramadhanini, Itupun kalau umur masih mencapainya.

Hari Kemenangan

Seperti yang kita banyak ketahui bahwa di Indonesia sendiri hari raya Idul Fitri sering disebut sebagai “hari kemenangan”. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat kita yang menyebutnya “Idul fitrah” yang artinya “kembali ke fitrah”. Kata fitrah atau suci memiliki arti, yaitu ketika manusia itu bersih dari segala macam dosa karena telah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan secara penuh.

Sudah banyak sekali buku-buku dan penjelasan di internet yang menjelaskan dan membahas mengenai makna dari Idul Fitri. Secara bahasa “Iedul Fithr” yang memiliki arti “Hari raya makan” atau “hari berbuka”. Memiliki arti demikian karena pada hari Idul Fitri semua umat Islam tidak lagi melakukan ibadah puasa karena Ramadhan telah usai, dan yang terpenting di hari itu umat Muslim do haramkan untuk berpuasa.

Mengingat dan menghayati kembali tujuan sebulan berpuasa

Banyak dari kita mengartikan Idul Fitri sebagai hari kemenangan, nah maksud dari kata kemenangan disini adalah kita telah “menang” dan mampu menahan diri selama sebulan penuh. Menahan dan mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa walaupun diperbolehkan dilakukan pada saat tidak sedang berpuasa seperti hubungan suami dan istri. Yup, merayakan merayakan hari kemenangan karena kita telah berhasil “mengalahkan diri sendiri dan hawa nafsu” selama sebulan penuh.

Namun apakah tujuan dari itu semua? Yup, tujuan dari semua ini adalah agar kita bertaqwa dan beriman kepada Allah SWT Sang Pencipta Alam semesta. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda sekalian.