Mengenal Beberapa Jenis Hak para Anak Yatim dan Definisinya

31 Jan 2023

Sebenarnya siapakah yang dimaksud dengan anak yatim? Kata yatim sendiri memiliki arti sedih atau sendiri dalam bahasa Arab. Sedangkan, menurut istilah dikatakan bahwa seorang anak yang bapaknya telah meninggal dunia sebelum dirinya mengalami baligh. Namun jika sudah baligh maka terputuslah predikat yatim tersebut. 

 

Ketahui Hak-Hak yang Harus Diperoleh oleh Anak Yatim

Usai memahami tentang definisinya, Anda juga perlu tahu mengenai berbagai macam hak mereka.  Ada beberapa hak-hak yang hendaknya diperoleh oleh seorang yatim. Namun terkadang banyak yang belum mengetahuinya. Lantas, apa hak-hak yang bisa diperoleh anak yatim?  Berikut ini penjelasannya,yaitu:

  • Hak Untuk Di Didik dan Diberikan Makan

Berdasarkan agama Islam, barangsiapa yang menghardik dan tidak memberi makan seorang yatim maka disebut sebagai pendusta agama. Orang-orang tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam neraka. Hal ini juga menjadi dosa berat di dalam Islam. 

  • Mengurusnya dalam Kesehariannya

Rupanya, selain tertuang di dalam Al-Qur'an perintah untuk memberikan hak-hak yatim juga terdapat dalam hadits. Nabi Muhammad Saw menerangkan keutamaan jika mengurus anak yatim. Bagi yang mau menanggung segala persoalan tentang yatim maka dijamin kedudukannya di surga kelak di akherat nantinya.  

  • Memperoleh Kebutuhan yang Cukup

Jika seseorang mau untuk memberikan makan dan minum kepada yatim di antara kaum muslimi, naka Allah akan memasukkan ke dalam surga.  Akan tetapi kecuali jika ia mengerjakan dosa berat maka tetap di hisab dulu dosa-dosanya. Dengan demikian, banyak pahala bagi orang yang menyediakan kebutuhan bagi sosok yatim.

  • Mendapatkan Kasih Sayang

Sebagai sesama muslim, bukan hanya memberikan bantuan material saja. Namun, juga wajib memberikan kasih sayang kepada para yatim. Bahkan, jika mengusap bagian kepalanya saja setiap helai rambut yang diusap akan berpahala. 

  • Memperoleh Perlindungan

Hak selanjutnya bagi anak yatim adalah mendapatkan kecukupan dari segi sandang, pangan, dan papan. Di dalam Al-Qur'an sudah dijelaskan  bahkan  bahwa sesama muslim harus melindungi yatim. Perlindungan menjadi salah satu hak yatim. Ini merupakan sebuah tindakan yang sangat besar pahalannya dan selalu dimuliakan kelak nantinya. 

 

Berbagai Keutamaan Menyantuni dan Menyayangi Anak Yatim

Banyak yang bertanya tentang keutamaan apa saja yang dapat diperoleh ketika   menyantuni dan memberikan kasih sayang kepada yatim. Sebenarnya, banyak sekali faedah yang akan diperoleh. Berikut beberapa keutamaannya, yaitu: 

  • Terhindar dari Azab Allah SWT

Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang berkah dan terhindar dari azab Allah SWT, bukan?  Salah satu hal yang dapat mewujudkannya adalah dengan memberikan santunan dan mengasihi anak yatim. Sebisa mungkin sisihkan sebagian harta yang Anda miliki untuk menyantuni mereka. 

  • Memperoleh Pertolongan Allah SWT

Di dalam Islam, tentu segala perbuatan baik akan diganjar dengan kebaikan juga. Ketika banyak menolong yatim maka Anda juga akan memperoleh pertolongan dari Allah SWT. Hal ini karena perilaku seperti ini sangat mulia di mata Tuhan. 

  • Menyayangi Anak Yatim Berarti menjadi Tanda Orang Saleh yang Disayangi Allah SWT

Orang yang menjalankan perintah Allah SWT adalah golongan para orang saleh. Begitu juga dengan orang yang dengan ikhlas memberikan santunan dan makanan pada anak yatim.  Mereka akan mendapatkan 

 

Betapa banyak hikmah dan keutamaan ketika menjamin kehidupan bagi anak yatim. Maka dari itu, janganlah menutup mata terhadap keberadaan mereka. Sebaliknya, ulurkan tangan dan bantulah mereka untuk bisa tetap menjalani kehidupan dengan layak.