Mengalami Kesulitan dalam Hidup? Cek Artikel ini!

16 Oct 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Sobat Atlas mungkin sering mendengarkan istilah berikut ini, bahwa dibalik kesulitan terdapat kemudahan. Hal tersebut terkadang tidak cukup membantu bila Anda sedang berada dalam kesulitan yang terasa amat berat sehingga merasa tidak mampu melaluinya.

Namun Allah SWT memang sudah mengatur kehidupan manusia sebagaimana mestinya, sehingga sebagai umat muslim haruslah tetap yakin bahwa dibalik kesulitan yang sedang dijalani terdapat kemudahan yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Di bawah ini adalah beberapa ayat-ayat yang dapat menjelaskan mengapa masa-masa sulit hadir kepada kehidupan umat manusia.

Dalam QS Al Baqoroh Ayat 214 dibawah ini dijelaskan bahwa kesulitan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari dan harus dihadapi.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.”

Kesulitan dapat membuat Anda menjadi lebih beriman kepada Allah SWT. Hati Anda dapat melekat kepada-Nya dan Anda akan selalu ingat dan berharap hanya kepada Allah SWT.

Selanjutnya adalah penjelasan dari firman Allah di QS Al-Insirah

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.“

Bagi umat muslim yang sedang dalam masa sulit, maka jika gagal melihat hikmah yang ada dibalik kesulitan tersebut maka akan gagal pula melihat kemudahan yang juga dijanjikan oleh Allah SWT disetiap kesulitan yang diberikan kepada umat manusia.

Semoga Allah SWT selalu menunjukkan kebenaran kepada seluruh umat manusia dan membantu Anda untuk mengikuti-Nya.