Membuka Pintu Rezeki dengan Sholat Dhuha

24 Dec 2019

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk menjadi salah satu sarana membuka pintu rezeki. Dari Nu’aim bin Hammar Al-Ghathafaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda yang berbunyi. 

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” HR. Ahmad.

 

Banyak ulama menyatakan bahwa hadist ini bisa menyelamatkan pelaksananya dari berbagai macam gangguan dan bahaya. Bisa juga dimaksudkan bahwa shalat Dhuha dapat menjaga dirinya dari terjerumus dalam dosa atau ia pun akan dimaafkan jika terjerumus di dalamnya. Atau maknanya bisa lebih luas dari itu.” (‘Aun Al-Ma’bud, 4: 118)

 

Al-Munawi dalam Faidh Al-Qadir (4: 615) menjelaskan maksud kalimat, akan dicukupi di akhirnya adalah akan diselamatkan dari cobaan dan musibah di akhir siang.

 

Empat rakaat yang dimaksud pada hadist diatas diartikan oleh para ulama bahwa empat rakaat diatas adalah sholat sunnah qabliyah shubuh dua raka’at dan shalat Shubuh dua raka’at. Namun ada juga yang langsung sholat 4 rakaat sholat dhuha.

 

Kalau Sobat Atlas lihat maksud hadits dari penjelasan para ulama bahwa Allah akan mencukupinya, tidak ditunjukkan bahwa shalat dhuha jadi pembuka pintu rezeki. Namun tetap setiap amalan shalih memang jadi pembuka pintu rezeki karena amalan shalih adalah bentuk takwa. Sebagaimana disebutkan dalam ayat Al Quran banyak ibadah yang bisa Sobat kerjakan untuk melancarkan rizki sobat, mulai dari beramal dengan saudara, menyambung silahturahmi dan juga sholat Dhuha. Namun ada kalanya Sobat niatkan untuk mengerjakan sholat dhuha hanya karena Allah semata dan meminta ridhonya.