Mau Tahu Manfaat Salat Tahajud? 5 Manfaat Sholat Tahajud, Penghapus Dosa Dan Pengabul Keinginan

29 Jul 2021

Ada banyak sekali manfaat sholat tahajud yang bisa dirasakan oleh para umat islam. Selain menjadi salah satu salat yang bisa mengabulkan keinginan. Dengan melakukan sholat tahajud, hati juga akan merasa tenteram. 

Biasanya shalat tahajud ini termasuk kategori sunnah, dikerjakan mendapatkan pahala tetapi tidak dikerjakan tidak berdosa. Shalat tahajud bisa dilakukan pada dini hari sekitar jam 3 pagi adalah waktu yang tepat untuk menjalankan shalat tahajud. Berikut ini ada berbagai manfaatnya:

Bisa Menjadi Amalan Di Akhirat

Salah satu manfaat sholat tahajud yang bisa dirasakan adalah bisa menjadi amalan di akhirat. Hal ini sudah dibuktikan pada surah Az-Zariyah ayat 15-18. Bahkan di surah itu disebutkan hanya orang yang menjalankan sholat tahajud saja yang bisa mendapatkan balasan dari sang kuasa. 

Di surah Az-Zariyah ayat 15-18 mengatakan sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman surga hingga mata air. Biasanya para umat akan mengambil apa yang Allah SWT telah berikan. Dan tentunya para umat islam harus berbuat baik sebelumnya agar mendapatkan balasan di akhirat.

Menjaga Kesehatan Rohani

Dalam menjaga kesehatan rohani ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan yaitu sholat tahajud. Shalat tahajud disini memang memiliki berbagai manfaat sholat tahajud. Salah satunya bisa menjaga kesehatan rohani, dalam 1 hari setiap umat bisa melakukan salat tahajud sekali saja. 

Itupun sudah termasuk salah satu amalan ibadan yang dianjurkan oleh Allah. Selain melakukan ibadah salat tahajud secara rutin tentu kesehatan rohani akan lebih terjaga. Allah SWT pun mengatakan hanya orang yang berendah hati, ramah dan memiliki ketenangan jiwa saja yang bisa melakukan shalat ini. 

Bisa Menjadi Jembatan Masuk Surga

Bahkan ada banyak hadits pun mengatakan dengan melakukan shalat tahajud yang rajin dan tekun. Tentu umatnya akan diberikan kemudahan pada saat jalan di jembatan menuju Surga nanti. Dengan adanya manfaat sholat tahajud ini tentu bisa memberikan kemudahan bagi para umatnya. 

Hal ini diucapkan langsung oleh hadits Riwayat Ibnu Majah yang mengatakan sebarkan salam. Lalu bagikanlah makanan hingga bersilaturahmilah. Dan tegakkan sholat malam di saat orang lain sedang tertidur, niscaya surga yang didapatkan.

Bisa Menghapus Dosa

Menjalankan sholat tahajud bisa dijadikan salah satu upaya untuk menghapus dosa. Caranya anda cukup berserah diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Niscaya ada banyak manfaat sholat tahajud yang didapatkan yaitu bisa mencegah dosa serta menghapusnya. 

Selain itu, hanya dengan melakukan sholat tahajud secara rutin. Anda akan diberikan pengampunan dosa baik dosa yang disengaja maupun dosa yang tak disengaja. Hal ini membuktikan betapa banyak sekali manfaat yang didapatkan umat islam setelah melakukan sholat tahajud. 

Doanya Diterima Allah SWT

Setiap umat islam tentu memiliki doa serta keinginan yang berbeda-beda terhadap sang kuasa, Allah SWT. Biasanya jika doa ingin dikabulkan cukup berserah diri saja kepada Allah di sepertiga malam terakhir dan Allah akan langsung mengabulkan permintaannya. 

Menjalankan sholat tahajud memang mudah tetapi harus mengetahui bagaimana tata cara sholat tahajud yang benar. Dengan mengetahui hal tersebut, ada banyak sekali manfaat sholat tahajud yang bisa didapatkan. Bukan hanya di dunia saja, serta anda akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda di akhirat nanti. Bersalatlah sebelum ajal menjemputmu.