Mau Bersedekah Tapi Gaji Pas-Pasan? 5 Cara Bersedekah Dengan Gaji Pas-Pasan

04 Aug 2021

Bersedekah dengan gaji pas-pasan bisa dilakukan jika anda hanya memiliki uang yang sedikit saja. Dalam bersedekah apapun bisa diberikan yang penting bisa memberikan manfaat bagi si penerima. Misalnya seperti bersedekah uang 100 ribu di mushala. 

Hal itu termasuk salah satu sedekah kecil yang bisa dilakukan. Terutama bagi anda yang masih belum bisa menyisihkan uang untuk sedekah. Maka tidak perlu bingung karena ada banyak cara yang bisa dilakukan. Simak dibawah ini:

Membeli Sebungkus Nasi

Dalam bersedekah dengan gaji pas-pasan bisa dengan cara membeli sebungkus nasi baru beserta lauk-pauknya. Kemudian berikan sebungkus nasi itu kepada orang yang membutuhkan, misalnya seperti anak yatim. 

Dengan melakukan hal kecil seperti ini bisa dijadikan salah satu sedekah yang diterima oleh Allah SWT. Dalam bersedekah memang tidak perlu dalam bentuk besar, melainkan bisa dimulai dengan hal-hal kecil seperti ini. 

Mukena Tak Terpakai

Jika anda masih memiliki mukena tak terpakai dan masih bagus lebih baik berikan kepada orang yang membutuhkan. Pastikan orang itu memang sudah memiliki mukena yang tak layak pakai. Hal ini juga termasuk salah satu contoh bersedekah dengan gaji pas-pasan.

Atau jika anda tidak menemukan orang yang pas sampai sekarang, maka berikan saja kepada masjid. Biasanya bisa dipakai oleh orang-orang yang ingin ke masjid. Sehingga mukena yang anda berikan bisa berguna bagi orang lain. 

Membeli Sandal Jepit

Cara bersedekah dengan gaji pas-pasan bisa dicoba jika ingin memulai sedekah dalam bentuk yang lain. Biasanya anda bisa membeli sandal sekitar 10 ribuan untuk diberikan ke masjid untuk dipakai oleh orang-orang disana. 

Walaupun memulai bersedekah dengan gaji pas-pasan setidaknya hal ini bisa berguna bagi orang lain. Tidak perlu bersedekah yang mewah melainkan secukupnya saja. Tetapi jika anda memiliki uang yang berlebih bisa memberikan dengan jumlah sandal yang banyak.

Membeli Perlengkapan Kebersihan

Agar tetap menjaga masjid tetap bersih, anda bisa memulai bersedekah dengan gaji pas-pasan. Bisa dimulai dengan membeli sabun, cairan pel dan perlengkapan lainnya. Lalu kalau sudah, anda bisa memberikannya ke masjid. 

Walaupun bukan berupa uang yang bisa dipakai, tentunya hal ini bisa dimanfaatkan oleh marbot untuk membersihkan masjid. Bersedekah dengan wujud seperti ini apabila berguna bisa menjadi nilai yang besar bahkan tak terkira. 

Simpan Sisa Makanan Di Wadah

Memberikan sisa makanan di wadah lain bisa dijadikan makanan untuk para hewan yang tak sengaja melintas rumah anda. Biasanya kucing dan anjing bisa memakan makanan sisa daripada dibuang lebih baik dimakan oleh hewan. 

Membagikan Air Mineral Saat Puasa

Membagikan air mineral kepada orang yang berpuasa bisa mendapatkan pahala bagi orang yang membagikannya. Selain bisa mendapatkan pahala, anda juga bisa mulai untuk bersedekah dengan gaji yang pas-pasan

Untuk air mineralnya sendiri bisa anda beli di agen yang tergolong harga murah. Sehingga anda bisa menghemat gaji anda untuk keperluan lainnya. Selain itu, memberikan air juga menghindari orang dari kekurangan air atau dehidrasi. 

 

Memulai sedekah dan berbagi kepada orang yang tidak mampu merupakan salah satu tindakan yang terpuji. Tak heran bersedekah tidak harus berupa uang, melainkan bisa berupa benda yang bisa berguna bagi para penerimanya.