Manfaat Sholat Tahajud Perlu Diketahui Agar Makin Rajin Melaksanakan Sholat Tahajud

31 May 2022

Salah satu amalan sunnah yang tidak pernah dilewatkan oleh Rasulullah SAW adalah sholat tahajud, dan perlu Anda ketahui asa banyak manfaat sholat tahajud. sholat sunnah ini merupakan sholat yang didirikan saat pertengahan malam, terutama di sepertiga malam. Ya, dikarenakan dilakukan pada pertengahan malam, tentunya banyak juga umat Islam yang merasa berat untuk melaksanakan amalan sunnah ini. 

Namun, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan jika dapat melaksanakan sholat tahajud, tak sekadar akan mudah dikabulkan doanya oleh Allah SWT, tapi ada lagi keistimewaan atau manfaat dari sholat tahajud. Apa sajakah manfaatnya? Langsung saja berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Berbagai manfaat Dari Amalan sholat Tahajud 

Dengan berbagai manfaat berikut, mungkin akan membuat Anda merasa terdorong untuk melaksanakan amalan sunnah ini. 

1. Manfaat Sholat Tahajud Sebagai Cara Untuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Salah satu keutamaan dari sholat tahajud adalah dapat membuat Anda merasa lebih dekat kepada Allah SWT. Dengan selalu bangun di pertiga malam, maka membuktikan Anda ingin selalu dekat dengan Allah SWT, selain itu ini juga mencerminkan sifat rendah hati, ramah, dan akan mendapatkan ketengan jiwa.

2. Manfaat Sholat Tahajud untuk Penghapus Dosa 

Ibadah ini menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT karena hal tersebutlah, ibadah sholat tahajud dapat menjadi salah satu cara untuk menghapus dosa. Seseorang yang kerap melaksanakannya akan memperkuat iman dan menjadi cara untuk menjauhkan diri dari perbuat dosa. 

3. Manfaat Sholat Tahajud Agar Mendapatkan Keringanan di Hari Akhir

Sebagai umat Islam pastinya percaya ada datangnya hari akhir di mana semua perbuatan harus dipertanggungjawabkan. Jika dosa lebih banyak, maka Anda bisa masuk ke neraka. Namun, bagu yang rajin melaksanakan sholat tahajud, Allah akan memberikan keringanan waktu perhitub amal di akhirat. Allah SWT disebutkan akan memberikan keutamaan ini kepada mereka umat muslim yang memohon ampun di sepertiga malam. 

4. Manfaat Sholat Tahajud Untuk Jaminan Masuk Surga

Dalam sebuah riwayat menyebutkan, jika Rasullullah SAW bersabda: 'Wahai umat manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah tali kasih, dirikanlah salat malam pada saat orang sedang terlelap tidur, maka niscaya engkau dapat masuk surga dengan selamat' (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy). Dalam hadits tersebut menyatakan jika Rasulullah SAW mengatakan jika siapapun yang melaksanakan sholat tahajud, maka akan masuk ke surga. 

5. Tanda Takwa Akan Terlihat di Wajah

manfaat sholat tahajud atau keutamaan yang akan diapakan adalah adanya tanda ketakwaan di wajah. Tanda tersebut adalah wajah akan terlihat lebih bercahaya, bersinar, dan wajah lebih menenangkan hati saat di pandang. Tanda ini dapat dilihat atau dirasakan oleh orang sekitarnya. 

6. Manfaat Sholat Tahajud Agar Dijukan Dari Beragama Penyakit dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Penelitian baru menunjukkan jika tahajud dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imun seseorang. Tak sekadar itu saja, sholat tahajud dapat juga untuk meningkatkan respon positif yang sangat bermanfaat dan efektif untuk sangat efektif dalam anastesi prabedah. sholat tahajud juga disebut dapat meringankan rasa nyeri yang diderita oleh penderita kanker. 

Itulah beberapa manfaat sholat tahajud yang dapat Anda rasakan jika bisa melaksanakan dengan rajin. Mungkin bagi yang belum bisa melaksanakan sholat tahajud, akan merasa terdorong untuk menjalankan ibadah sunnah ini, dan bagi yang tergolong belum bisa melaksanakan tiap hari, maka semoga dengan mengetahui manfaatnya akan lebih rajin lagi dalam menjalankan sholat tahajud.