Manfaat Sholat 5 Waktu yang Perlu Anda Ketahui

06 Sep 2021

Bagi umat Islam, manfaat sholat 5 waktu wajib hukumnya apa lagi untuk anda yang sudah baligh atau dewasa. Sholat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dijalankan seorang umat Muslim di seluruh dunia. Sholat ini mengingatkan seseorang kepada akhirat ketika orang tersebut tengah - tengah sibuknya dengan urusan duniawi. Karena itu kenapa sholat 5 waktu ini dianggap sangat penting hukumnya.

Selain fungsi spiritual seperti kami sebutkan diatas, manfaat sholat 5 waktu juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh anda dan pikiran umat muslim yang tengah menjalankan ibadah tersebut. Karena merupakan aktivitas yang bisa dilakukan setiap harinya dan dapat dilaksanakan berulang kali sesuai kesanggupan anda dalam sehari-hari, gerakan-gerakan sholat juga lumayan mudah mempunyai dampak tersendiri bagi tubuh anda yang tengah menjalankan ibadah ini.

Sholat melibatkan berbagai hal misalnya gerakan tubuh serta posisi fisik seseorang, yang terbukti ampuh dapat dibuktikan secara ilmiah mempunyai manfaat medis bagi tubuh seseorang dan kesehatan. Meskipun umat Islam sendiri pada umumnya sholat setiap harinya karena kewajiban umat islam sendiri adalah beribadah, namun ilmu pengetahuan yang terus berkembang maju telah menjelaskan keuntungan fisik dari sholat yang anda jalankan. Sholat sendiri dapat dilakukan dengan tenang, khusyuk, religius sesuai agama masing-masing serta spiritual untuk mendapatkan manfaat yang sangat besar dari Allah SWT.

Berikut manfaat sholat 5 waktu yang sudah kami rangkum

Sholat dengan posisi yang benar ternyata dapat membantu meningkatkan aliran sirkulasi darah ke tubuh  secara keseluruhan pada tubuh seseorang. Orang yang mempunyai banyak masalah atau problematika kehidupan yang berkaitan dengan kesehatan terutama tekanan darah  tinggi bahkan tekanan darah rendah tentunya akan teratasi jika anda bisa menerapkan posisi sholat dengan benar. 

Gerakan sholat 5 waktu ternyata mampu membantu dalam pengaturan aliran darah yang masuk pada seluruh bagian tubuh manusia. sedangkan posisi rukuk mengatur aliran darah yang masuk pada tubuh bagian atas saat anda melakukan tashahhud, aliran darah pada tubuh bagian bawah juga akan diatur dengan benar jika posisi sholat anda sudah benar.

Meningkatkan Pencernaan Seseorang

Manfaat sholat 5 waktu menurut beberapa penelitian menyebutkan juga bisa membantu pencernaan tubuh seseorang selama proses Qu'ud, ketika seorang pria duduk dalam satu kaki meringkuk pada bawah mereka dan seorang wanita mulai duduk dengan meletakkan kedua kaki pada area bawah, postur tubuhnya usahakan memungkinkan serta memfasilitasi bagian pencernaan. 

Proses-proses dalam menjalankan tertib sholat tentunya meningkatkan fungsi hati serta mampu melemaskan usus di dalam tubuh dan memfasilitasi pergerakan usus yang ada pada tubuh seseorang. Sholat ini juga bisa membantu meringankan sembelit yang dialami seseorang serta menjaga makan secara berlebihan.

Meredakan nyeri Punggung bahkan Nyeri Sendi

Posisi tubuh seseorang pada saat anda tengah sujud ataupun rukuk ternyata mampu membantu membuka serta meringankan persendian yang terjadi pada tubuh seseorang. Penggunaan sendi tersebut secara teratur untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi tubuh tetap sehat sesuai fungsinya. Selain itu, posisi pada ruku tubuh seseorang juga membantu mengurangi nyeri punggung pada bawah dengan merelaksasikan atau mengurangi ligamen bahkan otot (mirip dengan yoga). 

Proses tersebut membantu meringankan nyeri sakit pada sumsum tulang belakang ataupun nyeri sendi pinggul. Dengan proses relaksasi melalui tulang belakang, sakit punggung yang sedang dialami dan penyakit tulang belakang yang juga bisa anda hindari. Manfaat sholat 5 waktu secara umum sangat membantu pelemasan sendi bahu secara teratur, siku tubuh anda, lutut anda, pergelangan kaki anda dan area pinggul.

Kesehatan jantung

manfaat sholat 5 waktu juga sangat besar terutama untuk anda yang selalu menjaganya dengan rutin berolahraga yang tentunya meningkatkan metabolisme tubuh dalam meningkatkan kinerja jantung, Setiap sholat yang Anda jalankan setiap harinya tentunya meningkatkan kinerja masing-masing fungsi organ secara keseluruhan serta mengatur sekresi kelenjar bahkan kinerja aliran darah yang masuk ke tubuh.

Oleh sebab itu, selagi kita masih sehat ayo cegah segala macam penyakit dengan terus menerapkan manfaat sholat 5 waktu!