Makanan Khas Madinah yang Tentunya Menggugah Selera

16 Apr 2023

Makanan khas Madinah tentunya ada banyak, selain menjadi kota yang mulia Madinah juga selalu memberikan berbagai hal unik, termasuk makanannya. Anda yang tertarik datang untuk mencicipi makanan di sana pasti akan langsung jatuh cinta dengan rasa yang unik.

Biasanya ketika menunaikan ibadah Haji, Anda akan diberi makanan khas Makkah dan juga Madinah. Mungkin jika dilihat makanan ini terlihat unik, cita rasa yang diberikan makanan tersebut juga terbilang unik.

Karena itu, makanan khas Madinah menjadi menu yang dinanti ketika datang ke tanah suci. Kali ini, kami juga akan membagikan beberapa menu makanan khas dari Madinah untuk Anda. Penasaran apa saja, yuk simak artikel ini hingga akhir.

Berbagai Makanan Khas Madinah yang Menggiurkan

Banyak orang kenal Madinah sebagai kota suci yang selalu padat penduduk yang berlalu lalang menjalankan ibadah. Keindahan Madinah juga menjadi daya tariknya, namun pernahkah Anda penasaran dengan makanan khas Madinah?

Seperti yang sudah diketahui, setiap daerah tentunya ada makanan khasnya masing-masing. Tidak terkecuali Madinah yang juga memiliki banyak makanan khas yang sangat sayang kalau tidak dicoba.

Untuk itu, kami hadir untuk menuntaskan rasa penasaran Anda, tentang apa saja makanan khas dari kota dakwah nabi ini. Untuk itu, simak dengan baik agar tahu apa saja yang menjadikan makanan di kota ini begitu unik.

Shakshuka

Jika di indonesia Anda akan menemukan menu sarapan bubur, atau nasi uduk, maka di Madinah Anda akan menemukan sarapan bernama shakshuka. Selain di Madinah Anda juga bisa menemukan makanan ini di berbagai kota besar Arab Saudi.

Berupa ceplokan telur rebus, yang disajikan dengan saus tomat, cabe, tabasco, dan rempah jinten untuk menambah rasa. Walau hanya telur rebus, namun sensasi saus dan kuah yang kaya rasa membuat menu ini banyak disukai di Madinah.

Kabas

Makanan nasional Arab Saudi ini, menjadi salah satu menu popular di Madinah. Walau sama sama dibuat dari nasi namun makanan ini berbeda dari nasi briyani. Kabas sendiri diambil dari bahasa arab kbs yang artinya tekan.

Namanya sangat cocok dengan hidangan ini, karena semua bahan dimasak dalam tempat yang sama. Untuk rasa, ya jangan ditanya, Anda akan mencium harum rempah yang bercampur dengan daging kambing dan sapi yang tentunya sangat menggiurkan.

Luqaimat

Makanan dari Madinah yang satu ini masuk jenis takjil yang popular di kota kota Arab Saudi. Sekilas mirip dengan bola-bola ubi. Bagian atas biasanya sering dituangi sirup kurma yang manis dan biji wijen.

Terbuat dari tepung terigu dan tepung maizena, yang juga sering ditambahkan dengan yoghurt, gula, susu, dan ragi agar rasanya lebih segar. Jika adonan sudah kalis maka tinggal di goreng.

Shawarma

Jajanan kaki lima ini juga lagi hits di Madinah. Biasanya banyak orang yang mencari shawarma setelah beribadah di masjid nabawi. Jika dilihat sekilas mirip kebab, tapi rasa dagingnya agak berbeda. Pedagang menjual shawarma dengan daging sapi atau ayam, yang dibumbui sedikit kunyit, jinten, kayu manis, dan sebagainya.

Saking populernya, ada banyak orang yang rela mengantri di setiap kedai shawarma untuk mencicipi hidangan khas timur tengah ini. Jadi jika Anda sedang ada di Makkah atau Madinah jangan lupa untuk mencicipinya.

Ada banyak makanan khas Madinah lain yang bisa Anda coba. Bahkan ada beberapa makanan yang bumbunya simple sehingga bisa dipraktekan di rumah. Nah, sekarang apa Anda tertarik untuk mencicipi makanan unik dari Madinah tersebut?

Keyword : makanan khas Madinah