Macam-macam Pahala Sedekah

21 Feb 2020
source: cirebon.tribunnews.com

Segala macam amalan dan ibadah tentunya akan membuahkan pahala bagi siapa saja yang melakukannya dengan baik dan hanya menginginkan ridho dari Allah SWT semata. Di antara sekian banyak ibadah, ternyata sedekah merupakan salah satu bentuk amalan yang tidak hanya mendatangkan pahala saja, tetapi juga bisa menjadi sarana untuk membantu sesama manusia. 

Dalam sedekah tidak ada batasan kepada siapa, dalam bentuk apa, maupun seberapa besar Sobat bersedekah. Namun tahukah Sobat bahwa sedekah memiliki beberapa macam, serta memiliki ganjaran pahala yang berbeda-beda juga? Berikut adalah macam amalan utama yang bisa Sobat Atlas lakukan.

Sedekah kepada teman

Sebagai manusia yang menjadi makluk sosial sepatutnya untuk tidak memandang siapa yang akan Sobat bantu dengan bersedekah. Namun ada kalanya Sobat Atlas harus mengedepankan orang-orang terdekat seperti teman dan kerabat yang sedang kesusahan atau yang terkena musibah untuk dibantu. 

Seperti yang tertulis dalam Hadist Riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda yang artinya:

“Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua (kebaikan), sedekah, dan silaturrahim.”

Sedekah jariyah

Pasti di antara sobat-sobat sekalian sudah paham dan tahu tentang sedekah jariyah ini. Sedekah jariyah adalah sedekah yang diniatkan untuk kebaikan. Nantinya kebaikan yang diberikan akan mengalir hingga orang yang diberikan sedekah tersebut meninggal dunia. Sebagai contoh jika Sobat bersedekah dalam pembangunan masjid, saluran air, dan lainnya. Maka pahala yang akan Sobat dapatkan mengalir hingga di akhirat kelak.

Seperti yang telah Rasulullah riwayatkan dalam Hadist yang memiliki arti:

"Rasulullah bersabda, Jika seorang anak Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga hal, sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak yang mendoakan orangtuanya."

Sedekah dengan bersembunyi-sembunyi

Pada dasarnya bersedekah memang tidak dianjurkan untuk pamer atau riya, tidak hanya untuk ibadah sedekah saja tetapi seluruh ibadah juga tidak boleh ada sifat riya sedikit pun. Seperti yang diabadikan di dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 262 yang artinya:

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudia mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti perasaan (si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Allah."

Sebenarnya masih banyak amalan-amalan yang bisa sobat-sobat sekalian lakukan untuk mendapatkan banyaknya pahala. Namun jangan lupa untuk melakukan sedekah dimanapun dan kapanpun sobat berada, karena sedekah bisa membantu sobat di akhirat kelak.