Konsistensi Beribadah Pasca Ramadan

15 Jun 2020
Sumber: www.pixabay.com

Bersikap Konsisten dapat juga diartikan sebagai sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen. Hal ini kemudian selaras dengan arti dari istiqomah yaitu tegak lurus. Anda dapat menemukan perintah dari Allah SWT kepada kita umat-Nya dalam Al Quran. Allah berfirman: “ … tetaplah kamu (beribadah) kepada-Nya dan mohonlah ampunan kepada-Nya.” (Qs. Fussilat: 6).

“Maka tetaplah engkau (Muhammad) (di jalan yang benar), sebagaimana telah diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang bertobat bersamamu, dan janganlah kamu melampaui batas.” (Qs. Hud: 112).

“Karena itu, serulah (mereka beriman) dan tetaplah (beriman dan berdakwah) sebagaimana diperintahkan kepadamu (Muhammad) dan janganlah mengikuti keinginan hawa nafsu mereka … “ (Qs. Asy Syura: 15).

Bersikap Konsisten dalam menjalankan ibadah setelah bulan Ramadan sangat diperlukan oleh seluruh umat Islam. Karena dalam firman-Nya Allah SWT mengatakn bahwa orang yang bertindak konsisten, akan mendapatkan kemuliaan.

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu.” (Qs Fushshilat:30).

Berkonsistensi dalam beribadah setelah Ramadan dapat dilakukan dengan menjaha salat lima waktu berjamaah, perbanyak puasa Sunnah baik senin-kamis, puasa Daud, dan puasa enam hari di bulan Syawal. Selain itu rajin menjaga dan mendengarkan pengajian juga dapat dilakukan dalam istiqomah untuk beribadah. Anda yang berkonsistensi dalam beribadah dapat dijauhkan oleh Allah SWT dari rasa takut, dan sedih.