Kisah Behaestex, dari Usaha Tenun Kecil di Gresik Kini Jadi Penguasa Pasar Sarung

19 Jan 2021

Sarung saat ini identik dengan busana harian, terutama untuk umat muslim untuk kebutuhan beribadah shalat lima waktu di masjid.

Dari beberapa merek sarung yang beredar di pasar, orang pasti pernah mengenal nama BHS dan Atlas.

Biasanya, iklan sarung ini muncul setiap Ramadhan tiba.

Produk sarung Indonesia sendiri saat ini telah menembus pasar ekspor karena terkenal dengan kualitas, kekayaan motif dan tradisi pelestarian budayanya.

Tapi tidak banyak yang tahu bahwa dua produk sarung tersebut diproduksi oleh perusahaan tekstil Behaestex yang bermula dari sebuah usaha tenun kain kecil di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Berdiri sejak tahun 1953, PT Behaestex bermula bernama Pertenunan BHS di kota Gresik. Awalnya, usaha tenunBHS memproduksi sarung tenun dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dengan merek BHS.

Seiring waktu, perusahaan ini memperbesar volume produksinya untuk memenuhi permintaan pasar.

Akhirnya Behaestex memutuskan menambah kapasitas pabrik dan memproduksi sarung dengan Alat Tenun Mesin (ATM) dengan merek baru, Atlas.

Najib Abdurrauf Bahasuan, Direktur Utama Behaestex dalam keterangan persnya, Selasa (29/12/2020) menjelaskan, kedua merek sarunhnya tersebut sama-sama menjamin kualitas sarung premium.

Namun untuk produk-produk BHS lebih menyasar pada segmen menengah ke atas.

Sedangkan Atlas menyasar pada segmen menengah ke bawah. Dengan demikian Behaestex bisa menjangkau pasar untuk semua kalangan.

“Produk kami sudah sangat melekat di kalangan masyarakat. Bahkan di beberapa daerah, produk sarung kami sudah menjadi barang yang prestige untuk dimiliki. Kami turut bangga, karena masyarakat secara tidak langsung ikut serta melestarikan budaya Indonesia,” ujar Najib.

Untuk mempertahankan loyalitas, Najib menyatakan Behaestex tetap akan mempertahankan ciri budaya Indonesia.

Mulai dari proses pembuatannya, motifnya, serta unsur lainnya yang melekat di produk Behaestex.

Di masa pandemi sepanjang 2020 ini, Behaestex juga telah meluncurkan produk-produk baru antara lain  sprei Atlas Premium, Sarung Atlas Super Premium, Sarung Batik, Kain Batik Jacquard dan Baju Batik Jacquard

Memasuki usia ke-68 pada awal 2021 mendatang, pihaknya akan kembali memperkenalkan varian produk terbaru dari Sarung BHS yang diberi nama BHS Cosmo.

“Dengan hadirnya BHS Cosmo diharapkan akan menyasar segmen entry level mengingat masih tingginya kebutuhan pasar dosmetik maupun ekspor.” papar Najib Abdurrauf Bahasuan.

Selain pasar lokal, saat ini Behaestex memasarkan produknya ke pasar internasional di sejumlah negara di Asia Tenggara, Afrika, Amerika, dan beberapa negara di benua lainnya.

Selain mengembangkan di pasar offline, Behaestex juga menggarap pasar online melalui official store marketplace di Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Zalora, Bukalapak, JD.id, Zilingo, Alibaba dan Sarung Indonesia.

Penulis: Choirul Arifin