Keutamaan-keutamaan di Bulan Ramadhan

29 Apr 2019

Ramadhan bulan yeng penuh berkah telah tiba, keutaman dari bulan Ramadhan ada banyak sekali disebutkan dalam Hadist Nabi dan Al-Quran. Oleh karena itulah banyak sekali orang-orang berlomba-lomba mencari referensi amalan-amalan di bulan Ramadhan demi mencari pahala sebanyak-banyaknya dan mencari ridhanya Allah SWT. Dan lagi di bulan Ramadhan juga bermunculan cukup banyak kajian-kajian sunnah untuk mengajak anak muda lebih bisa menggunakan waktunya di bulan Ramadhan ini. Tidak hanya itu, berikut adalah beberapa keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan yang harus Anda ketahui :

Bulan diturunkannya Al-Quran

Salah satu diantar keutamaan yang ada di dalam bulan Ramadhan yang istimewa adalah diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan ini. Al-Quran adalah kitabullah dan menjadi bukti bertapa istimewanya bulan Ramadhan ini. Maka salah besar jika ada orang-orang yang mengatakan bahwa diturunkannya Al-Quran oleh Allah pada bulan Ramadahan ini hanya kebetulan semata. Sebab semua yang terjadi di muka bumi ini terjadi atas taqdir dan kehendak Allah SWT dan tidak ada yang kebetulan. Nah berikut ini adalah keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya.


Pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup

Diantara keutamaan dari bulan Ramadhan adalah dibuka selebar-lebarnya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu dan dirantai. Dan Rasulullah bersabda dalam hadistnya:

Apabila bulan Ramadhan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan pun dibelenggu”

Maksud dari sabda Nabi Muhammad tentang pintu-pintu dibuka adalah karena di bulan Ramadhan Allah Ta’ala memudahkan dan melipatgandakan berbagai amalan sholeh kepada hambanya seperti puasa dan shalat malam serta amalan lainnya. 

Dan maksud dari ditutupnya rapat-rapat pintu neraka adalah dengan dipermudahnya mencari pahala dan amalan sholeh maka akan memperkecil orang-orang yang berbuat jahat dan maksiat. Dan orang orang akan cenderung sibukm encari pahala sebanyak-banyaknya serta akan mempersempit ruang berbuat kejelekan.

Waktu Mustajab untuk berdoa

Ada beberapa waktu dalam sehari-hari yang menjadi waktu mustajab untuk berdoa seperti diantara azan dan iqomah, di pagi hari dan saat hujan tiba. Namun di bulan Ramadhan hampir seluruh waktunya mustajab untuk berdoa. Bulan yang pada siangnya orang-orang berpuasa dan malam harinya digunakan untuk mengaji dan shalat. Maka sudah pasti berdoa di bulan yang istimewa ini sangat mustajab.

Itulah beberapa keutamaan bulan Ramadhan yang dapat kami rangkum dan sampaikan. Masih banyak lagi keutamaan-keutamaan pada bulan yang suci dan diberkahi oleh Allah SWT ini. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.