Jangan Pernah Menunda Taubat

28 Feb 2020
source:mslimah.or.id

Bertaubat adalah cara untuk manusia meminta ampunan dengan banyaknya dosa yang telah mereka perbuat di masa hidupnya. Allah SWT juga sangatlah senang dengan orang yang senantiasa ingat dengan dosa-dosanya dan selalu memperbaikinya. Allah SWT juga sudah berjanji bahwa pintu taubat terbuka lebar bagi mereka yang ingin bertaubat dan memohon ampun. Sungguh Allah Ta’ala telah melapangkan dan melonggarkan serta memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada kita untuk bertaubat kepada-Nya. 

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda yang berbunyi:

“Sungguh, Allah meluaskan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima taubat dari hamba yang bermaksiat di siang hari. Dan Allah meluaskan tangan-Nya pada siang hari untuk menerima taubat dari hamba yang bermaksiat di malam hari” (HR. Muslim no.7165)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga bersabda dalam hadist lainnya yang berbunyi:

“Sungguh Allah menerima taubat hamba-Nya selama nyawa belum sampai di kerongkongan” (HR. At Tirmidzi, 3880. Ia berkata: “Hadits ini hasan gharib”. Di-hasan-kan oleh Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi).

Bahkan ada cerita tentang seorang pembunuh yang sudah membunuh 99 orang, kemudian Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam juga telah mengabarkan kepada umatnya tentang kisahnya yang berbunyi :

“Lelaki tersebut ditunjukkan kepada seorang ahli ibadah, ia mendatanginya dan bertanya: ‘Aku telah membunuh 99 orang. Apakah aku masih bisa bertaubat?’. Ahli ibadah tadi berkata: ‘Tidak’. Lelaki tersebut pun membunuhnya hingga genaplah 100 orang. Kemudian ia bertanya kepada penduduk yang paling alim, dan ia pun ditunjukkan kepada seorang ulama. Ia kemudian bertanya: ‘Aku telah membunuh 100 orang. Apakah aku masih bisa bertaubat?’. Ulama tadi berkata: ‘Ya. Memangnya siapa yang bisa menghalangimu untuk mendapatkan taubat?’” (HR. Muslim, no.7184)

Lalu apa yang menghalangi sobat-sobat sekalian dalam bertaubat? Kesempatan bertaubat sangatlah terbuka lebar untuk semua umat-Nya. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran yang artinya:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik dan mengampuni dosa selain syirik bagi siapa yang Allah kehendaki” (QS. An Nisa: 4). Maka teruslah istiqomah dan senantiasa bertaubat di mana pun dan kapan pun Anda berada kepada Allah SWT, Semoga kita semua dimatikan dalam kebaikan.