Inilah Dalil tentang Nikah dari Al-Quran dan Hadist yang Perlu Diketahui

30 Jul 2019

Artikel kali ini kami akan menjelakan dan berbagi tentang dalil soal pernikahan yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadist yang perlu kita semua ketahui.  Tidak hanya memberikan dalil saja, tetapi kita disini akan menjelaskan tentang masing-masing ayat maupun hadist nantinya.

Seperti yang banyak kita ketahui bahwa pernikahan adalah sebuah akad untuk menghalalkan hubungan antara kedua pasangan manusia yakni perempuan dan laki-laki yang sesuai dengan syarat dan rukun dalam Islam. Itulah sedikit pengertian tentang pernikahan yang nantinya akan segera dibahas.

Menurut bahasa pernikahan adalah sebuah upaya menyatu dan terkumpul, sedangkan menurut istilah pernikahan adalah suatu akad yang menghalalkan hubungan antara sepasangmanusia laki-laki dan perempuan sesuai syarat tertentu. Nah setelah mengetahui apa itu pernikahan maka selanjutnya kita akan menjelaskan tentang dalil tentang pernikahan yang ada dalam Al-Quran dan Hadist yang perlu kita semua ketahui.

 

Pernikahan mempermuda rizki

Melalui pernikahan Allah SWT membuat hambanya akan diberkahi dan dilancarkan rizkinya, tidak hanya rizki harta saja tetapi juga keturunan yang baik. Jadi tidak perlu lagi berfikir tentang gaji yang pas-pasan untuk menghidupi keluarga, karena niscaya Allah akan memberikan rizki yang tidak disangka-sangka. Seperti sabda Allah SWTdalam Al-Quran surat An Nahl ayat 72 yang memiliki arti berikut ini:


Dan Allah menjadikan bagimu pasangan (suami dan istri) dari jenis kamu sendiri dan menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberikan rezeki dari yang baik. Mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?” (QS An Nahl ayat 72).

 

Pernikahan menciptakan ketentraman dan rasa sayang secara sempurna

Memiliki keturunan yang sholeh adalah dambaan banyak kelurga yang baru menikah. Nah di dalam Al-Quran Allah telah banyak sekali bersabda bahwa orang-orang yang menikah akan dijamin rizkinya dan keturunannya. Tidak hanya itu, pernikahan juga menciptakan rasa sayang yang sempurna dan menciptakan ketentraman dalam hati seperti yang Allah sabdakan di dalam Al-Quran surat Ar Rum ayat 12 yang artinya:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda  kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir” (QS Ar Rum (30) ayat 12º.

 

Pernikahan membuat kita diberi oleh Allah kemampuan 

Seperti yang telah dituliskan sebelumnya bahwa banyak sekali yang Allah SWT berikan dan karuniai salah satunya adalah rizki yang lancar dan berlimpah. Tidak hanya itu masih ada lagi yang bisa di dapatkan dari menikah ini adalah kemampuan, kemampuan disini adalah kemampuan untuk menafkahi dan kemampuan lainnya. Seperti yang ada pada hadist berikut ini yang artinya:

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas pemberian-Nya lagi Maha Mengetahui.”

Itulah sekidit ringkasan tentang dalil tentang pernikahan yang ada dalam Al-Quran dan Hadist yang perlu kita semua ketahui. Semoga bermanfaat untuk kita semua.