Inilah Amalan-Amalan yang Utama di Bulan Ramadhan

04 Apr 2019

Sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan yang penuh berkah dan safaat yakni bulan Ramadhan. Di dalam bulan Ramadhan terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan yang akan pas jika kita melakukan amalan-amalan utama pada malam-malam bulan Ramadhan. Amalan yang paling utama di bulan Ramadhan adalah puasa. Namun tidak hanya puasa saja, tetapi masih ada amalan-amalan utama lain yang harus dilakukan selama Ramadhan agar kita mendapatkan manfaat dan berkah di bulan Ramadhan ini. Yuk cari tau amalan-amalan apa aja sih yang bisa harus kita lakukan dibulan Ramadhan.

 Puasa

Amalan yang sangat penting pada bulan Ramadhan adalah berpuasa atau dalam bahasa arab shiyam. Perintah berpuasa ini sudah Allah SWT adabikan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:

Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kemu bertaqwa.” QS Al-Bagarah: 183.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘kecuali puasa, sesungguhnya dia bagianku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, karena (orang yang berpuasa) dia telah meninggalkan sahwatnya makanya karena Aku.’ Bagi orang yang berpuasa mendapatkan dua kegembiraan: gembira ketika berbuka puasa dan bergembira ketika berjumpa dengan Tuhannya karena puasanya. Dan sesungguhnya bau tidak sedap mulutnya lebih wangi di sisi Allah dapada bau minyak kasturi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Tidak diragukan lagi berapa besarnya pahala dan ganjaran dari amalan puasa ini. Tidak hanya diberkahi di dunia, tetapi Allah Ta’ala juga sudah menyiapkan pintu surga sendiri untuk orang-orang yang senantiasa puasa wajib maupun sunnah yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Membaca Al-Quran

Ada dalam Al-quran dan Hadist yang menjelaskan keutamaan membaca Al-quran di bulan Ramadhan. Rasulullah SAW melakukan tadarus Al-Quran bersama dengan Malaikat Jibril setiap malam di bulan Ramadhan seperti hadist berikut ini:

Dari Ibnu Abbas diriwayatkan bahwa ia berkata: Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, ketika ditemui oleh Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadhan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Al-Qurann. Ketika ditemui Jibril, Nabi Muhammad adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.” HR. Al-Bukhari dan Muslim.


Oleh karena itulah umat Islam harus berinteraksi dengan Al-quran untuk mendapatkan keberkahan dibulan Ramadhan dan sekaligus menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk untuk menjadi umat yang terbaik.

Berinfaq

Amalan-amalan utama selain berpuasa di bulan Ramadha adalah berinfaq. Tidak hanya amalan berpuasa saja yang memiliki pintu masuk sendiri saat memasuki surga kelak, tetapi orang yang gemar bersedekah juga akan dipanggil dari pintu-pintu surga kelak.Dalam hadist riwayat Al-Bukhari dan Muslim, dari Ibnu Abbas ra diberitahukan bahwa:

“Nabi Muhammad SAW adalah orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Dan beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadhan”

Karena itulah Nabi Muhammad adalah teladan yang wajib kita tiru dan kita idolakan di muka bumi ini. Dibulan yang penuh berkah dan safaat ini, ada kalanya kita perbanyak amalan-amalan yang sudah dicontohkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW.