Hindari 5 Penyebab Hati yang Keras

17 Oct 2020
Sumber foto: www.unsplash.com

Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Ingatlah bahwa didalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR.Bukhari no 52 dan Muslim no 1599).

Berdasarkan hadist tersebut mengartikan bahwa hati seorang manusia merupakan mahkota bagi jasad Anda dan seluruh umat manusia, dan hati yang Anda miliki merupakan cerminan dari perilaku Anda sehari-hari. Namun, banyak sekali hal-hal yang kemudian dapat menyebabkan kerasnya hati seorang manusia, lima diantaranya adalah berikut ini:

1. Tertawa tanpa sebab

Tertawa merupakan respon alami tubuh jika melihat sesuatu yang menyenangkan. Namun bila tertawa terbahak-bahak dan terlalu banyak maka dapat menjadi salah satu penyebab hati yang keras.

2. Makan terlalu banyak

Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidak ada wadah paling buruk yang diisi manusia selain perutnya, cukuplah seorang anak adam makan beberapa suap makanan saja yang dapat mengokohkan tulang punggungnya. Jika memang ia harus mengisi perutnya maka hendaknya 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum, dan 1/3 untuk napas” (HR.Tirmidzi)

3. Berbicara tanpa alasan dan berlebihan

Seperti yang diriwayatkan, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Janganlah kalian banyak bicara tanpa berdzikir kepada Allah, karena banyak bicara tanpa berdzikir kepada Allah membuat hati menjadi keras, dan orang yang paling jauh dari Allah adalah orang yang berhati keras.” (HR Tirmidzi)

4. Sering melakukan hal maksiat

Perbuatan yang melanggar perintah Allah dan mendekati larangan-laranganNya dapat membuat Anda jauh dari kebenaran karena hati yang keras.

5. Teman yang buruk

Teman serta lingkungan yang baik sangat berpengaruh terhadap sikap Anda sebagai umat muslim. Mulailah untuk memilah pertemanan yang baik sehingga Anda dapat memiliki hati yang lembut karena berada di lingkungan yang positif. Hindari pertemanan dengan mereka yang terbiasa untuk bekata-kata yang buruk.