Doa Agar Terbebas dari Masalah

25 Dec 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Setiap manusia yang menjalani kehidupan di dunia ini tentu pernah terlibat dalam sebuah masalah, baik masalah yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Ditengah-tengah kebingungan tersebut Sobat Atlas perlu untuk selalu kembali kepada Allah SWT untuk meminta pertolongan terhadap masalah yang datang.

Maka dari itu terdapat doa yang dapat menjadi doa untuk meminta ampunan serta memohon perlindungan dari Allah SWT terhadap masalah-masalah yang menghampiri baik dunia maupun untuk akhirat nanti. Doa tersebut sebagai berikut;

 “Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku, dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku.”

Dalam beberapa hadis disebutkan keutamaan dari doa diatas. Seperti dari Ibn Umar ra, bahwa beliau mendengar Nabi Muhammad SAW membaca doa tersebut di pagi dan sore hari serta tidak pernah meninggalkannya hingga beliau wafat. HR. Ahmad 4785, Abu Daud 5074, Ibn Majah 3871, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Selanjutnya dari Anas bin Malik ra, bahwa terdapat seseorang yang datang kepada Nabi Muhammad SAW dan bertanya mengenai doa apa yang paling afdhal? Nabi Muhammad SAW kemudian menjawab “mintalah kepada Allah SWT al-afiyah (terbebas dari masalah) di dunia dan akhirat”. Esoknya seseorang itu datang kembali dan menanyakan pertanyaan yang sama kepada Nabi Muhammad SAW, dan beliau menjawab kemabli

Mintalah kepada Allah al afiyah (terbebas dari masalah) di dunia dan akhirat. Karena jika engkau diberi al-afiyah di dunia dan akhirat berarti kamu beruntung.” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad dan dishahihkan Al Albani).