Cara Muslim Menghadapi Covid-19

04 May 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Virus corona yang kian merebak di awal tahun ini membuat seluruh dunia terkejut dan akhirnya berdampak pada seluruh aktivitas manusia salah satunya adalah tidak diperkenankan untuk berada di tempat yang ramai dan harus belajar atau bekerja dari rumah dengan menggunakan teknologi. Sebagai muslim, tentunya keimanan kita tidak boleh luntur di masa pandemi ini. Berikut cara muslim yang bijaksana untuk menghadapi Covid-19!

  1. Mengharap Pertolongan Allah dengan Terus Berdzikir
    Dzikir adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu berdzikir juga dapat menghilangkan rasa gundah di hati, menambah rizki, dan mengontrol emosi. Serta dengan berdzikir juga menjadi cara untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

  2.  Lakukan Ikhtiar dengan Maksimal
    Melakukan ikhtiar artinya berusaha secara maksimal untuk memperoleh apa yang dikehendakinya. Walaupun kita dianjurkan untuk bekerja dari rumah, bukan berarti menjadi malas-malasan. Mengenai ikhtiar, Allah SWT berfirman dalam Qur’an surah Ar-Ra’d ayat 11 yang artinya

    Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.”

  3.  Selalu Bertaqwa Kepada Allah SWT
    Taqwa merupakan tingkatan tertinggi yang dicapai oleh seorang mukmin dalam penghambaannya kepada Allah SWT. Hal ini difirmankan pada surah Al-Hujurat ayat 13:

    "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi maha Mengenal."

    Jaminan bagi orang yang bertaqwa adalah kehidupan di surga yang penuh dengan kenikmatan. Perilaku yang dapat kita terapkan untuk menjadi orang yang bertaqwa selama pandemi ini antara lain : tidak serakah, tidak kikir, jujur, dan menjadi pribadi yang sederhana adalah perilaku yang disukai oleh Allah SWT.

  4. Meningkatkaan Rasa Sabar dan Syukur
    Selama pandemi ini manusia memang diuji kesabarannya karena seluruh aktivitas yang dibatasi demi keselamatan sesama. Sebaliknya, jika diberi kenikmatan maka sikap terbaik yang harus dimiliki oleh seorang beriman adalah mensyukuri semua nikmat itu, dan yang demikian itu lebih baik baginya.

  5. Tidak Percaya dan Tidak Menyebarkan Berita Hoax
    Menyebarkan berita hoax dilarang dalam agama Islam. Rasulullah pernah melarang Mu’az bin Jabal untuk menyebarkan ilmu yang dia peroleh karena khawatir akan menimbulkan kesalahpahaman. Berkaca dari peristiwa tersebut, hendaknya sebagai muslim yang beriman harus mengecek tentang kebenaran akan sesuatu berita atau informasi agar tidak menimbulkan salah sangka apalagi di masa seperti ini.

    Semoga artikel ini dapat menjadi panduan sebagai seorang muslim untuk berperilaku
    bijaksana di masa pandemi seperti ini. Aamiin ya Rabbal Alamin.