Cara dan Pola Makan Rasulullah Agar Tubuh Sehat

05 Jan 2020

Pola makan sangatlah penting untuk membentuk tubuh agar lebih sehat dan bugar. Nabi muhammad SAW adalah salah satu orang yang menjaga pola makan sehatnya, inilah kenapa Nabi Muhammad SAW memiliki tubuh yang bugar serta hanya pernah sakit 2 kali selama seumur hidupnya. Dibalik kesehatan dan kebugaran tubuh Beliau tentu salah satunya karena pola dan adab makan yang baik. Nah, berikut ini adalah cara dan pola makan Rasulullah SAW yang bisa Sobat ikuti untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

 

Membaca Doa

Pertama yang harus dilakukan adalah Membaca Doa, Adab makan Rasulullah dilakukan dengan membaca doa, yakni:

“Bismillahi awwalahu wa aakhirohu”

Langkah ini dilakukan agar setan tak ikut masuk dalam makanan yang sedang dinikmati. Selain itu Allah juga akan menambahkan berkah kepada umat-Nya yang senantiasa memulai sesuatu dengan berdoa dan memihin ampun kepada Allah SWT.

Menggunakan Tangan Kanan

Dalam agama islam, makan menggunakan tangan kanan adalah sebuah keharusan dan salah satu hal yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad SAW kepada umat-Nya. Dalam Shahih Muslim makan dengan tangan kiri sama dengan perilaku yang dilakukan setan seperti hadis berikut yang artinya:

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya pula.”

Maka janganlah sobat menggunakan tangan kiri pada saat makan dan minum karena akan sama dengan yang dilakuakan oleh setan.

Tidak Makan Sambil Bersandar

Rasulullah SAW tidak hanya menganjurkan umat-Nya untuk berdoa dan menggunakan tangan kanan saat akan makan, Rasulullah juga menganjurkan tidak menyandar saat sedang menikmati makanan. Dari hadis Abu Juhaifah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda yang artinya:

“Adapun saya tidak suka makan sambil bersandar.”

Menjilat Tangan

Sunnah yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah adalah senantiasa menghabiskan makanan dan menjilati tangan agar tidak ada makanan tersisa yang ada di tangan. Dari hadis Jabir sebelumnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda yang artinya,

“Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah. ”


Itulah beberapa hal yang bisa Sobat lakukan untuk meniru cara dan pola makan Rasulullah SAW agar memiliki tubuh yang bugar, sehat, dan diberkahi oleh Allah SWT. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat Atlas semuanya.