Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

07 Sep 2020
Sumber foto: www.unsplash.com

Berbakti kepada orang tua  merupakan salah satu amalan yang paling dicintai Allah Ta'ala. "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orangtuanya." Demikian penggalan ayat 14 dalam Al-Qur'an Surah Luqman.

Harus kita ketahui bahwa berbakti kepada orang tua tidak hanya dilakukan pada saat keduanya masih hidup, tetapi juga ketika mereka sudah meninggal. bagaimana berbakti kepada kedua orang tua tatkala mereka sudah meninggal? 

1. Menunaikan Janji dan Nazar.

Jika semasa hidup mereka ada janji yang ingin dipenuhi, maka di antara bentuk berbakti kita adalah mewujudkannya. Begitu pula dengan menunaikan nazar yang mereka ucapkan. Ketika ibu Sa'ad bin Ubadah wafat, beliau meminta fatwa kepada Rasulullah SAW, "Sesungguhnya ibuku meninggal sedangkan dia memiliki nazar." Rasulullah pun bersabda, "Tunaikanlah nazar tersebut untuknya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Demikian amalan dan cara berbakti kepada orangtua yang sudah meninggal. Semoga Allah mengampuni kedua orang tua kita dan menerima segala amalnya hingga Allah mempertemukan kita di surga-Nya. Aaamiin.

2. Mendoakan nya

Kewajiban yang harus selalu dilakukan adalah berdoa dan memohon ampunan untuk orangtua kepada Tuhan. Mendoakan diberikan tempat yang layak dan terbaik. Karena doanya seorang anak yang akan terus menemani orangtua di mana pun dan kapan pun. Bahkan ketika keduanya telah meninggal dunia.

3. Menyambung Hubungan dengan Kerabat dan Teman Dekatnya.

Suatu hari, Ibnu Umar RA pernah berjumpa dengan seorang Arab badui dalam perjalanannya menuju Mekah. Kemudian Ibnu Umar mengucapkan salam, mengajaknya untuk naik ke atas keledainya, serta memberikannya sorban yang ia kenakan.

Saat melihat perbuatan Ibnu Umar yang dinilai berlebihan dalam bersedekah, Ibnu Dinar rahimahullah berujar, "Semoga Allah memberikan kebaikan kepadamu. Sesungguhnya orang itu adalah orang badui, yang sebenarnya jika dia diberi sedikit saja maka ia sudah cukup senang." Ibnu Umar pun menjawab, "Arab badui itu adalah kenalan baik ayahku (Umar bin Khatthab)."

4. Jaga nama baik Orangtua

Kewajiban seorang anak ketika orangtuanya telah meninggal selanjutnya adalah menjaga nama baiknya. Tetap menjaga rahasia yang ada dalam keluarga dan tidak menjelekkannya. Apalagi sampai menimbulkan fitnah terhadap orangtua yang telah pergi.

5. Menyebarkan ilmu bermanfaat

Berbakti kepada orangtua yang telah meninggal dapat dilakukan dengan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk banyak orang. Ilmu yang diberikan akan menjadi pahala yang akan terus dibawa bahkan mengalir kepada orang yang telah tiada. Ilmu yang baik dan membawa orang yang mempelajarinya menjadi lebih baik.

Itulah 5 kewajiban sebagai anak yang harus dilakukan ketika orangtuanya telah meninggal. Berbakti tidak hanya ketika masih hidup, berbakti dapat terus dilakukan sampai napas terakhir kita sob.