Berbagai Model Sarung Anak Paling Banyak Dipilih

21 Feb 2023

Sarung merupakan kain yang berbentuk kotak dengan selingsing pada umumnya dilengkapi dengan motif. Salah satu sarung paling banyak dicari yakni sarung anak. Sarung sudah menjadi bagian tradisi busana di Indonesia.

Salah satunya sebagai pakaian tradisional Melayu Lingga menggunakan sarung sebagai perlengkapan pakaian. Dalam pakaian tradisional Melayu Lingga yang berkembang di Provinsi Kepulauan Riau, jika tidak menggunakan kain dagang dianggap kurang sopan dan melanggar adat istiadat.

Untuk aktivitas setiap hari, sarung digunakan untuk shalat bagi kaum laki-laki. Sarung sekarang ini sudah beredar banyak pilihan dan model yang bisa Anda sesuaikan sendiri dengan keperluan.

Saking banyaknya jenis sarung yang telah diperjualbelikan, sarung untuk anak pun sudah bisa Anda hadir dengan berbagai model. Artikel kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi model dari sarung untuk anak Anda.

Berbagai Model Sarung Anak

Sarung anak merupakan sarung khusus untuk dipakaikan kepada buah hati Anda. Apalagi jika sang buah hati baru sunat atau khitan. Anda sebagai orang tua harus membelikan sarung sesuai keinginan dan kesukaan anak, agar aktivitasnya lebih nyaman.

Sebelum memberikan referensi model sarung untuk anak. Anda perlu tahu sedikit sejarah asal usul sarung. Ya, sarung bukan hanya populer di Tanah Air saja. Melainkan sejumlah negara Asia Tenggara lainnya keberadaan kain satu ini pun juga terbilang cukup populer. Seperti di beberapa negara tetangga. Mulai dari Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, dan Myanmar. 

Sarung diperkirakan muncul di Indonesia sejak abad 14 dibawa oleh pedagang Arab dan India. Berdasarkan catatan sejarah, sarung ini berasal dari Yaman.

Dari sejarah memoar yang ditulis oleh Pangeran Djajadiningrat dari Kesultanan Banten, telah tersebutkan masyarakat Jawa masih menggunakan sarung, jas model Jawa, serta kain tutup kepala atau destar hingga sekitar 1902.

Secara umum, motif sarung berupa kotak-kotak atau garis melintang. Selain untuk pakaian shalat dan kebutuhan pelengkap busana, sarung juga bisa difungsikan sebagai selimut bahkan mengayun anak kecil.

Berikut model sarung untuk anak yang sering dipilih.

1.Model Instan Sarung Untuk Anak

Model pertama untuk sang buah hati Anda ada model instan. Dimana model satu ini paling simpel, praktis, dan mudah Anda cari atau beli. Sarung instan anak ini bisa menemani ibadah buah hati Anda dengan nyaman.

Sebab dengan model semacam ini mudah digunakan dan tidak ribet. Motif dari model sarung ini kebanyakan polos, dimana bisa dipadukan dengan atasan apa saja. Untuk bahan dari model ini tergantung dari produsen sarungnya. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan tentunya pilih bahan yang nyaman untuk si Kecil, ya!

2.Model Celana Sarung Untuk Anak

Model kedua sarung untuk anak yaitu model celana. Model sarung celana banyak orang tua pilih, sebab tidak ribet ketika anak Anda menggunakan. Berbeda dengan sarung instan, dimana ketika ingin memakaikannya, Anda harus melihat sesuai dengan ukuran tubuh anak. Model celana akan lebih simpel, menghemat waktu pemakaian.

3.Model Rok

Bukan hanya model celana saja, sarung untuk buah hati Anda pun bisa menggunakan model menyerupai rok. Model rok ini juga tak lah praktis dari model celana. Cara penggunanya pun tinggal memakaikannya saja layaknya mengenakan rok.

Anak Anda akan makin gagah, ganteng, dan keren ketika menggunakan sarung model rok ini. Ibadah akan nyaman dan tidak mengganggu kekhusyukan ibadah anak. Ruang gerak anak pun lebih bebas.

Nah, 3 model sarung anak diatas bisa jadi pilihan dan referensi untuk Anda ingin membelikan sarung untuk si Kecil. Cocok sekali buat hadiah ketika anak sedang menjalankan khitan atau sunat. Anda pun bisa memilih sarung dengan motif yang disukai anak. Sehingga, anak semakin nyaman mengenakannya.

 

Keyword : Sarung anak