Beberapa Kekuatan Shalat Malam yang Wajib Kamu Tahu!

19 Apr 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Shalat malam atau yang kerap dikenal sebagai shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari atau baiknya dikerjakan saat sepertiga malam setelah terjaga dari tidur walaupun hanya sebentar. Menariknya, terdapat banyak keutamaan dari shalat Tahajud sebagaimana telah difirmankan oleh Allah SWT dalam surah Al-Muzzamil ayat ke-6 yang bunyinya :

Artinya : “Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan”

Maksud dari pelaksanaan shalat Tahajud sepertiga malam adalah waktu pelaksanaannya yang  terbagi menjadi 3 waktu, yaitu : di sepertiga pertama, dari pukul 19 sampai dengan 22 ini adalah saat utama. Di sepertiga kedua, berkisar dari pukul 22 hingga pukul 1 malam ini adalah saat yang lebih utama. Dan sepertiga ketiga dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu subuh ini adalah saat yang paling utama.

Lalu, berbicara mengenai keutamaan shalah Tahajud, Allah SWT berfirman dalam surah Al-Isra’ ayat 79 yang berbunyi :

Artinya  : “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Perlu kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat dari shalat Tahajud, yaitu : tiket masuk surga, amal yang dapat menolong saat di akhirat, sarana meraih kemuliaan, jalan untuk mendapat rahmatNya, sarana pengabulan doa, pembersih penyakit hati dan jasmani, dan sebagai penolong di dunia.

Waktu-waktu Tahajud adalah waktu yang tepat bagi kita seorang muslim untuk mencurahkan segala isi hati dan keinginan kita, waktu yang tepat untuk berbicara antara hamba dan penciptaNya. Jika kita memiliki sebuah impian, disarankan untuk mengejar mimpi tersebut dengan diiringi shalat Tahaujud. Imam Syafi’i mengatakan bahwa doa shalat Tahajud umpama panah yang melesat tepat mengenai sasarannya.

Bukan main-main, Allah SWT menjamin empat hal untuk hambaNya yang melaksanakan shalat Tahajud. Pertama, Allah akan menjamin mengangkat karirnya dengan sukses. Kedua, Allah akan menjamin bahwa hambaNya akan dimudahkan segala aktivitasnya. Ketiga, Allah akan jamin mengeluarkannya saat dirinya mengalami kesulitan dengan cara yang terbaik. Keempat, Allah menjamin untuk menolong hambanya langsung tanpa perantara. Firman Allah ini diturunkan ketia menolong Rasulullah SAW saat beliau hijrah ke Makkah dan Madinah. Mashaa Allah...