Apa Saja Adab-Adab Ketika Sakit?

18 Dec 2020
Sumber foto: www.pexels.com

Sobat Atlas tentu pernah merasakan sakit dengan berbagai macam kondisi, baik sakit ringan ataupun sakit parah. Namun, semua itu adalah ujian serta cobaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada seluruh orang-orang beriman.

Dalam keadaan sakit sebenarnya merupakan kesempatan bagi Sobat Atlas untuk kembali merenungkan kehidupan yang sudah Sobat Atlas jalani. Kondisi sakit dapat menjadi kesempatan besar untuk kembali mendekatkan diri dan mempertebal iman kepada Allah SWT. Jika sebelumnya kita mungkin acapkali meninggalkan perintah-perintah Allah SWT karena kesibukan, mungkin dengan diberikannya sakit dapat menjadi salah satu jalan untuk kembali kepada perintah-perintah yang diberikan oleh Allah SWT.

Namun, dalam keadaan sakit Sobat Atlas juga tetap perlu memperhatikan adab-adab yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW agar sakit yang diderita dapat menjaadi wujud penghambaan kepada Allah SWT.

Pertama adalah senantiasa sabar dan ridha atas ketentuan Allah SWT dan juga selalu berbaik sangka kepadaNya. Sebagai seorang umat muslim Sobat Atlas perlu untuk selalu bersabar dan berbaik sangka serta selalu yakin bahwa Allah SWT tidak memberikan suatu ujian atau cobaan melebih batas kemampuan hambaNya.

Kedua adalah berobat dengan cara-cara yang Sunnah atau mubah serta tidak bertentangan dengan syariat. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda;

“Tidaklah Allah menurunkan satu penyakit pun melainkan Allah turunkan pula obat baginya. Telah mengetahui orang-orang yang tahu, dan orang yang tidak tahu tidak akan mengetahuinya.” (HR. Al-Bukhari. Diriwayatkan juga oleh Al-Imam Muslim dari Jabir radhiyallahu ‘anhu)

Ketiga adalah jangan menyerah atau berharap akan kematian. Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Anas ra;

“Janganlah salah seorang kalian mengharapkan kematian karena musibah yang menimpanya. Apabila memang harus melakukannya, maka hendaknya dia berdoa:

‘Ya Allah, hidupkanlah aku bila kehidupan itu adalah kebaikan bagiku dan wafatkanlah aku bila kematian itu adalah kebaikan bagiku’.” (Muttafaqun ‘alaih)

Yakin terhadap kesembuhan dan pertolongan dari Allah SWT merupakan hal yang harus selalu dipegang oleh Sobat Atlas jika sedang mengalami sakit.

Nah itu dia adalah beberapa adab yang perlu Sobat Atlas ketahui jika sedang mengalami sakit. Tentu terdapat beberapa hal lainnya yang juga termasuk dalam adab sakit terutama yang memiliki kondisi yang cukup parah. Adab tersebut dapat berupa, segera melunasi hutang dan menunaikan amanah serta meminta maaf jika pernah berbuat salah. Kemudian menulis surat wasiat yang disaksikan oleh saksi, serta meminta jika suatu ketika dipanggil kembali oleh Allah SWT agar diurus jenazah dengan dikuburkan sesuai As-sunnah.

                Semoga kita semua termasuk golongan yang selalu dilindungi oleh Allah SWT.