Amalan Dzikir Sore Untuk Dilaksanakan Tiap Hari

20 Jun 2022

Selain dzikir di pagi hari, sore hari juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan amalan dzikir sore. Dzikir sendiri merupakan amalan yang dapat membuat Anda selalu mengingat Allah SWT. Karena hal inilah dalam Al-Qur'an ada perintah untuk berdzikir.

Perintah berdzikir terdapat pada urat Al-Ahzab ayat 41-43, dalam ayat tersebut Allah memerintahkan manusia untuk selalu berdzikir hanya kepada-Nya saat pagi dan sore, dengan selalu berdzikir Allah akan memberikan rahmat kepada hamba-Nya, Allah pun akan mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan menuju cahaya. 

Hadits yang riwayat dari Muslim, bahwa Rasulallah SAW bersabda, jika dalam kamu dalam majelis berzikir kepada Allah, maka kaum tersebut akan dikepung oleh malaikat dan malaikat akan menyelimuti dengan rahmat, Allah pun akan menyebutkan golongan kaum tersebut sebagai orang-orang yang ada di sisi Allah.'

 Dari hadits di atas, maka bisa disebut jika salah satu manfaat dzikir adalah agar selalu dikelilingi oleh malaikat yang akan memberikan rahmat atas izin Allah SWT. Selain itu, Allah SWT pun akan menggolongkan mereka dalan golongan orang yang berada di sisi Allah SWT, sehingga insyaallah akan selalu dijaga Allah SWT dari segala keburukan. 

Waktu Melaksanakan Amalan Dzikir Sore 

Sepertinya namanya, dzikir ini dilakukan sore hari atau saat petang. Tapi kapan tepatnya? Jadi, melaksanakan dzikir sore hari dapat dilakukan saat matahari mulai tenggelam, sampai batas solat isya'. Jadi sehabis sholat Maghrib, Anda masih dapat melakukan dzikir pada sore hari. 

Karena hal tersebutlah, selepas sholat magrib jangan buru-buru untuk berdiri dan pergi, tapi baiknya silakan untuk berdzikir terlihat dahulu, kemudian silakan untuk berdoa. Melakukan dzikir juga tidak lama, jadi biasakanlah mulai dari sekarang. 

Bacaan yang Dapat Digunakan Untuk Amalan Dzikir Sore 

Bacaan dzikir yang dapat dibaca pada sore hari adalah bacaan Sayyidul Istighfar. Ini sebagai telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa Rasulullah SAW bersabda: 

"Siapa yang mengucapkannya ( bacaan Sayyidul istighfar) pada waktu siang hari dengan meyakininya lalu kemudian dia mati pada hari itu sebelum menjelang sore hari, maka dia akan termasuk penghuni surga. Dan siapa mengucapkan Sayyidul Istighfar pada waktu malam hari dengan meyakininya, kemudian ia mati pada malam datang pada waktu itu dan sebelum pagi datang, maka dia termasuk penghuni surga" 

Selain bacaan Sayyidul Istighfar, Anda juga dapat membaca surat Al-Ikhlas, An-Nas, dan Al-Falaq untuk berdzikir di sore hari. Seperti dalam hadits riwayat Abu Daud dan Tirmidzi, bahwa siapa yang membaca ketiga surat tersebut pada waktu pagi dan sore, maka segala sesuatu yang akan dicukupkan untuk ia. 

Ya, sebanarnya baik bacaan Sayyidul Istighfar dan ketiga surat pendek tersebut memang tak sekadar dapat menjadi amalan dzikir di sore hari, tapi juga pagi hari, sehingga tak ada salahnya mengamalkan tiap waktu baik pagi dan sore (petang) 

Manfaat Amalan Dzikir Sore Hari 

Tentunya ada berbagai manfaat dari amalan yang satu ini. Beberapa manfaatnya adalah bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, selalu dilindungi oleh Allah SWT, mendapatkan ketenangan hati dan jiwa, menjadikan diri lebih bersyukur, insyaallah mendapatkan ganjaran surga. 

Itulah beberapa manfaat dari amalan dzikir sore. Semoga kita semua sebagai umat muslim menjadi hamba yang selalu bertakwa dan ingat kepada Allah SWT, agar selalu dalam lindunga-Nya dan dihindarkan dari kesesatan.