Amalan Dzikir Pagi Untuk Awali Hari dan Manfaatnya

23 Feb 2023

Salah satu amalan yang dapat dilakukan pada saat pagi hari hendak memulai adalah amalan dzikir pagi. Sebenarnya amalan satu ini dapat dilakukan pada waktu kapan saja, baik pagi, siang, sore, dan malam hari sebelum tidur. Untuk dzikir pagi bisa dilakukan setelah menyelesaikan solat subuh hingga matahari terbit atau sampai matahari meninggi. 

Arti dzikir sendiri adalah puji-pujian kepada Allah SWT. Ya, lisan kita memuji Allah SWT dengan kalimat-kalimat yang baik. Dzikir sendiri dapat dilakukan agar kita sebagai hamba Allah SWT yang lemah selalu mengingat Allah SWT kapan pun dan di mana pun, sehingga kita bisa menjauhi segala perbuatan yang dapat berakibat dosa.

Berdzikir pun merupakan ibadah madhoh yang artinya ibadah secara langsung kepada Allah SWT. Anjurkan berdzikir khususnya dalam pagi hari pun ada dalan Al-Qur'an, salah satunya adalah dalam surah Al Ahzab ayat 41-42, yang artinya adalah: 

Hari orang-orang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (QS. Al Ahzab: 41-42). 

Lantas bagaimana bacaan dzikir di pagi hari? Untuk mengetahui berikut ini adalah beberapa bacaan dzikir yang dapat Anda lafatkan di pagi hari.

 

Amalan Dzikir Pagi Hari Untuk Mengawali Hari 

1. Sayyidul Istighfar

Bacaan dzikir yang dapat dipanjatkan saat pagi hari adalah membaca bacaan Sayyidul Istighfar. Ini merupakan bacaan dzikir yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Oada hadits riwayat Imam Bukhari, menyatakan jika Rasulullah SAW mengajurkan untuk membaca Sayyidul Istighfar di siang hari dan menyakininya, dan jika kemudian ia mati di sore hari maka ia termasuk penghuni surga. 

2. Membaca Surat Al-Ikhlas dan Mu'awwidzatain

Bacaan dzikir pagi yang dapat Anda lakukan adalah membaca surat Al-Ikhlas dan juga Mu'awwidzatain. Mu'awwidzatain merupakan surat An-Nas dan Al-Falaq. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nawawi, Rasulullah SAW pernah bersabda, jika membaca Surat Al-Ikhlas, dan surat Mu'awwidzatain di pagi dan sore hari, masing-masing sebanyak tiga kali, maka itu akan mencukupi segala kebutuhan orang yang membacanya. 

Itulah beberapa bacaan amalan dzikir pagi yang dapat Anda lakukan setiap hari. Berdizkir pun akan mendatangkan manfaat kepada Anda jika dilakukan dengan ikhlas, dengan izin Allah, maka berbagai manfaat bisa dirasakan. Apaa sajakah manfaat dzikir pagi? 

Manfaat Amalan Dzikir Pagi 

Dzikir memang menjadi ibdah yang disukai Alla SWT, tapi tak sekadar itu saja sebab ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh hamba Allah yang rajin mengamalkan amalan ini. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari mengamalkan amalan yang satu ini. 

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Sebagai hamba-Nya sudah semestinya kita selalu berusaha mendekatkan diri kepada sang pencipta. Salah satu cara yang dapat membuat kita selalu dekat dengan Allah SWT adalah dengan berdzikir, sebab dengan berdzikir akan membuat diri selalu mengingat Allah SWT. Amalan ini juga amalan mulia selain bersedekah. 

2. Memberikan Ketenangan Hati 

Sebagai media yang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka Anda pun akan mendapatkan ketenangan hati dari mengamalkan dzikir pagi ini. Dzikir adalah obat jiwa, sehingga membuat hati dan jiwa tenang serta siap menghadapi berbagai ujian dalam kehidupan. 

Itulah beberapa manfaat dari amalan dzikir pagi yang bisa Anda rasakan. Selain itu, dzikir bisa membuat anda selalu dalam lindungan Allah SWT, menjadikan hidup lebih bersyukur, dan imbalannya adalah surga.