Amalan-amalan Pembuka Pintu Surga

05 Sep 2020
Sumber foto: www.unsplash.com

Allah Ta’ala memerintahkan hamba-Nya untuk memperbanyak amal shalih sehingga ia masuk ke dalam surga. Bukan semata-mata amal shalih yang memasukan seseorang ke dalam surga, namun yang memasukan seseorang ke dalam surga adalah rahmat Allah, Berikut ini amalan-amalan sebagai pembuka pintu surga. Semoga kita semua dapat mengamalkannya

1. Salat malam

Amalan  pembuka pintu surga salah satunya yaitu salat malam. Dengan rajin mengerjakan salat pintu surga terbuka lebar untuk dimasuki para penghuninya.

"Sesungguhnya pada malam hari terdapat satu waktu yang apabila seorang muslim berdoa memohon kepada Allah untuk kebaikan hidupnya di dunia dan di akhirat bertepatan dengan waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya, yang demikian itu terdapat pada setiap malam". (HR Muslim)

2. Berzikir Kepada Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada dua kalimat yang ringan bagi lisan, berat dalam mizan (timbangan amal) dan dicintai ar-Rahmaan: ‘Subhanallahu wa bihamdih’ (Maha Suci Allah dan dengan pujian-Nya kami memuji) ‘Subhanallah al-Azhiim’ (Maha Suci Allah Dzat Yang Maha Agung).” (HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Membaca: ‘Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaaha illallah wallahu akbar’, sungguh aku lebih cintai daripada dunia dan seisinya.” (HR Muslim no 2695 dan at-Tirmidzi)

3. Memberi makan anak yatim dan fakir miskin

Allah SWT memerintahkan kepada umatnya agar memberi makan kepada fakir, miskin, anak yatim atau orang yang membutuhkannya. Ini juga merupakan salah satu amalan pembuka pintu surga. Bahkan bagi mereka kerap memberi makan orang membutuhkan akan disediakan surga dengan ruangan khusus.

Sabda Rasulullah,"Sesungguhnya di surga ada beberapa ruangan yang bagian depannya dapat dilihat dari bagian belakang dan bagian belakangnya dapat dari bagian depan (Yakni tembus pandang)".

4. Menyebarkan salam 

menyebarkan salam merupakan amalan pembuka pintu surga bagi umat Islam. Dengan seringnya menyebarkan ucapan salam maka kita akan masuk surga dalam keadaan sejahtera.

"Wahai Rasulullah beritahu kepadaku tentang suatu amalan yang menyebabkanku masuk surga," tanya Abu Syuraih.

"Perkataan yang baik, menyebarkan ucapan salam dan memberi makan mereka yang membutuhkan," jawab Rasullullah.

5. Menahan amarah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

“Barangsiapa yang menahan amarahnya padahal dia mampu untuk melampiaskannya, niscaya Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan para makhluk sampai Allah memilihkan untuknya bidadari-bidadari yang dia suka.” (Dihasankan oleh Imam at-Tirmidzi)

Semua orang sudah pasti ingin masuk surga. Karena di dalam Al Quran disebutkan jika surga merupakan tempat yang paling indah. Hanya orang beriman dan bertaqwa bisa masuk surga. Terdapat amalan-amalan jika ingin dibukakan pintu surga.