Amalan-Amalan Di Bulan Suci Ramadhan yang Sesuai Sunnah Rasulullah

01 May 2019

Siapa sih yang tidak senang dan bahagia dengan kedatangan bulan suci Ramadhan? Pasti semua umat Muslim di seluruh dunia bahagia menyambut bulan yang penuh berkah dan istimewa ini. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan hikmah dan ampunan, bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat Islamkarena di dalam bulan Ramadhan berbagai hal kebaikan bisa menjadi pahala yang melimpah, bahkan tidurnya orang puasa di bulan Ramadhan pun dihitung pahala. Jangan sia-siakan bulan suci Ramadhan kali ini, karena belum tentu di Ramadhan selanjutnya kita masih ada dan sehat karena hanya Allah yang tau umur mahluknya. 

Di bulan Ramadhan sebaiknya memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan amalan-amalan yang bisa mendatangkan banyak sekali pahala, walaupun tidur merupakan pahala bagi orang yang berpuasa tetapi ada kalanya waktu tidur kita dikurangi dan lebih melakuakn hal-hal bermanfaat seperti membaca Al-Quran, sedekah dan masih banyak lagi. Nah inilah amalan-amalan sunnah yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW

Berpuasa

Amalan yang satu ini adalah amalan utama yang wajib dilakukan pada bulan suci Ramadhan tiba.hal ini diperintahkan oleh Allah SWT dalam AlQuran surat Al-Baqarah ayat 183-187. karena itulah untuk agar puasa kita tidak sia-sia, perdalamlah pengetahuan kita tentang berpuasa tentang rambu-rambu dan larangan yang membuat puasa kita batal dan sia-sia di sisi Allah SWT. Pada sabda Nabi Muhammad menjelaskan bahwa mereka yang mengerjakan puasa di bulan suci Ramadhan dengan tujuan hanya untuk mencari ridho Allah SWT, maka untuknya dihapuskan seluruh dosa-dosanya yang telah berlalu.

Tadarus Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan istimewa karena di dalamnya banyak sekali amalan-amalan yang dilipat gandakan pahalanya 10 sampai ratusan kali lipat. Ramadhan adalah bulan diturunkannya AlQuran pertama kali, inilah kenapa Ramadhan bulan yang istimewah. Pada bulan ini lah Nabi Muhammad SAW meningkatkan bacaan Al-Qurannya di banding bulan bulan lainnya, karena pada bulan Ramadhan lah satu huruf pada Al-Quran akan dilipat gandakan menjadi ratusan pahala. Dan bayagkan jika kita bisa membaca satu surat atau satu jus pada Al-Quran dalam satu hari, maka berapa banyak pahala yang sudah kita dapatkan setiap harinya.

Lailatul Qadr

Ramadhan juga disebut sebagai bulan istimewa karena di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam itu dinamakan dengan malam Lailatul Qadr. Malam itu adalah malam yang penuh berkah, Rasulullah SAW menyuruh kita agar meningkatkan ibadah dan amalan-amalan pada 10 malam terakhir. Karena pada 10 malam terakhirlah Lailatul Qadr atau malam seribu bulan ada.