Adab Sebelum Berangkat ke Masjid

04 Sep 2020

Saat kita hendak mendatangi masjid, sebaiknya terlebih dahulu kita melaksanakan adab-adabnya, selain mengharap ridha Allah Swt dan pelaksaan ibadah di masjid mendapat keberkahan, sesungguhnya hal tersebut adalah yang dicontohkan Rasul, sehingga jelas akan bernilai ibadah dan termasuk umat yang memuliakan sunnahnya.

1. Pergi dalam keadaan berwudhu dari rumah. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian dia berjalan menuju salah satu rumah Allah untuk menunaikan kewajiban yang Allah wajibkan, maka satu langkah kakinya akan  menghapuskan kesalahan dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajat.” (HR. Muslim, no. 666)

2. Jalan dengan tenang dan tidak tergesa-gesa walau sedang telat. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika kalian mendengar iqomah, maka berjalanlah menuju shalat. Namun tetaplah tenang dan khusyuk menuju shalat, jangan tergesa-gesa. Apa saja yang kalian dapati dari imam, maka ikutilah. Sedangkan yang luput dari kalian, maka sempurnakanlah.” (HR. Bukhari, no. 636 dan Muslim,a no. 602).

3. Masuk masjid dengan kaki kanan sambil membaca doa berikut. 

Doa masuk masjid 

“BISMILLAH WASSALAAMU ‘ALA ROSULILLAH. ALLOHUMMAGHFIR LII DZUNUUBI WAFTAHLII ABWAABA ROHMATIK (artinya: Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah kepadaku pintu rahmat-Mu).

4. Mengucapkan salam ketika masuk masjid dengan suara yang didengar oleh orang sekitar. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman. Dan kalian tidak disebut beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang apabila kalian melakukannya, kalian pasti saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim, no. 54)

5. Bagi pria, dianjurkan untuk memperbagus diri dan dianjurkan memakai wangi-wangian. 

Sebagaimana disebutkan dalam ayat,

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid.” (QS. Al-A’raf: 31).

Dalam hadits ‘Abdullah bin Mas’ud disebutkan bahwa ada seseorang yang mengatakan,

“Ada seseorang yang suka memakai baju yang bagus dan sandal yang bagus.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Sesungguhnya Allah itu Jamil (Indah) menyukai segala yang indah.” (HR. Muslim, no. 91)

Sedangkan wanita dilarang memakai minyak wangi ketika ke masjid dan tidak boleh wanita berhias diri berlebihan (dandan menor) ketika keluar rumah. Inilah yang terlarang dalam ayat,

“Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An-Nur: 31).

Demikian 5 hal yang harus diperhatikan pada saat melangkahkan kaki menuju ke masjid, semoga Allah SWT selalu memudahkan kaki kita untuk melangkah ke masjid dan senantiasa memakmurkan masjid-masjid Allah yang ada di muka bumi ini.