7 Amalan Sunnah di Hari Jumat yang Mulia

10 Jan 2020
source: islami.co

Pada hari Jumat adalah hari yang di mana semua umat Islam dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan baik yang akan melipat gandakan amalnya. Bahkan Rasulullah beriwayat dalam hadistnya yang berbunyi menyebutkan keistimewaan hari Jumat. 

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Sebenarnya masih banyak lagi keutamaan yang ada dalam hari jumat yang bisa Sobat lalukan untuk mendapatkan kemuliaan-nya. Nah, berikut adalah 7 sunnah yang bisa Sobat lakukan di hari Jumat.

Bersedekah

Memberikan atau membantu saudara yang kesusahan adalah salah satu cara bersedekah yang mudah dilakukan. Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. 

Membersihkan diri

membersihkan diri di sini tidak hanya cukup mandi saja, tetapi keseluruan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut. Mulai dari memotong kuku, membersihkan rambut, gosok gigi dan masih banyak yang lainnya. Selain bisa membuat sobat terlihat bersih, membersihkan diri juga bisa menjaga kesehatan Sobat agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. 

Membaca surat Al-Kahfi

Pada hari jumat semua umat Islam dianjurkan untuk membaca surat Al-Kahfi karena akan memiliki keutamaannya sendiri. Keutamaan membaca surat ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian. Ketenangan hati berguna untuk menghadapi dinamika hidup.

Memperbanyak Dzikir

Allah SWT sangat senang dengan umatnya yang senantiasa memohon ampunan. Dalam dzikir umat islam diajarkan untuk bersyukur, mengagungkan, hingga memohon ampun dengan istigfar. Membaca selawat dan zikir berguna untuk bekal di akhirat. Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda: "Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku"

Membaca surat yasin

Tidak hanya dianjurkan untuk membaca surat Al-Khafi saja, tetapi Sobat juga dianjurkan untuk membaca surat Yasin juga. Selain Surat Al Kahfi, umat muslim juga dianjurkan membaca Surat Yasin pada hari Jumat. Keutamaan membaca Surat Yasin ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud sebagai berikut. "Barang siapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.”

Berdoa

Siapa yang menyangka ternyata hari jumat adalah hari mulia yang akan membuat doa-doa Sobat dikabulkan. Ada beberapa waktu-waktu yang akan menjadi waktu dikabulkannya doa adalah antara lain hari jumat, waktu ashar, dan juga waktu di antara Adzan dan Iqomah. Allah SWT akan senantiasa mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan pada hari Jumat.

Sholat sunnah di hari Jumat

Amalan sunnah pada hari Jumat yang paling penting adalah sholat sunnah di hari Jumat. Dalam hadis Nabi Muhammad menyampaikan "Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta" Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut." (HR. Bukhari nomor 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

 

Nah, itulah 7 sunnah yang bisa Sobat lakukan di hari Jumat. Masih banyak lagi amalan-amalan baik yang bisa sobat lakukan pada hari jumat seperti membaca Al-Quran dan mengikuti kajian. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat Atlas!