7 Adab Membaca Al Quran Atau Kitabullah Yang Perlu Diketahui Umat Islam

15 Sep 2021

Dalam membaca Alquran, ada beberapa adab membaca Al Quran yang perlu diketahui oleh umat Islam. Membaca Al Quran merupakan salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan pada saat bulan Ramadhan sedang tiba. 

Pada bulan Ramadhan, Allah menjanjikan akan memberikan 10 kebaikan jika umatnya membaca setiap 1 huruf yang dibaca. Oleh karena itu, rajin-rajinlah dalam membaca Al Quran untuk mengisi kekosongan waktu di bulan Ramadhan. Berikut ini ada beberapa adab sebelum membaca Alquran:

Berwudhu

Allah SWT sangat menyukai kebersihan tak heran sebelum membaca Al Quran, umatnya harus membersihkan dengan berwudhu. Adab membaca Al Quran ini perlu dilakukan agar tetap dalam keadaan suci pada saat berwudhu. 

Bahkan anjuran ini sudah termasuk ke dalam surat Al-Waqiah ayat 77-79 yang berkata sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia. Pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh). Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. 

Membersihkan Mulut

Dalam membersihkan mulut, biasanya perlu melakukan adab membaca Al Quran satu ini. Tetapi jika dengan berkumur saja tidak cukup, maka bisa dengan menyikat gigi. Biasanya umat islam bisa menyikat gigi atau bersiwak sampai dirasa mulut sudah bersih dari kotoran. 

Sebenarnya dalam membaca Al Quran mulut merupakan bagian terpenting. Tentu ada baiknya membaca Al Quran dengan mulut yang wangi. Dibandingkan dengan membaca Al Quran dengan bau mulut tentu tidak mengenakkan. 

Menggunakan Pakaian Bersih

Jika ingin melakukan adab membaca Al Quran maka bacalah menggunakan pakaian yang bersih. Sebab hanya dengan menggunakan pakaian bersih dan suci dari najis saja. Tentu anda lebih nyaman dalam membaca Al Quran. 

Dengan menggunakan pakaian bersih tidak menimbulkan gatal di kulit. Oleh karena itu, disarankan mengganti pakaian terlebih dahulu dengan pakaian yang nyaman. Jika sudah, maka anda bisa langsung membaca Al Quran dengan nyaman. 

Memilih Tempat Suci Dan Menghadap Ke Kiblat

Selain memperhatikan kebersihan badan, anda juga perlu memilih tempat yang bersih. Sebab tempat yang bersih akan membuat anda nyaman pada saat membaca ayat Al Quran. Adab membaca Al Quran bisa dilakukan dengan benar. 

Pastikan membersihkan ruangan kamar yang ingin digunakan dan pastikan kotorannya sudah bersoh. Lalu cari tempat kiblatnya agar lebih baik menghadap ke Allah SWT. Hal ini juga perlu dilakukan bukan hanya pada saat salat saja. 

Harus Niat Karena Allah

Jika semua hal sudah dilakukan dengan benar, maka harus diniatkan karena Allah atau niat lillahi ta’ala. Sebab semua kebaikan yang didapatkan rata-rata memang berasal dari Allah SWT. Maka lakukanlah adab membaca Al Quran dengan senang hati. 

Diawali Membaca Ta’awudz Dan Bismillah

Sebelum memulai membaca Al Quran bisa membaca terlebih dahulu Ta’awudz. Kemudian barulah membaca bismillah. Hal ini bertujuan agar umat islam mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Jika sudah barulah membaca ayat Al-Quran. 

Memelihara Tajwid

Dalam membaca Al Quran harus memperhatikan bacaan panjang-pendek. Sampai bunyi huruf dan harus tahu kapan harus berhenti. Selain itu, ayat harus dibaca menyambung sesuai dengan ilmu tajwid menurut syariat Islam. 

Menjalankan adab Al Quran ternyata tidak sulit melainkan mudah sekali untuk dipelajari. Bagi para umat islam yang belum mengetahuinya bisa langsung melakukan adab-adabnya. Semoga informasi artikel ini bisa bermanfaat bagi para umat muslim.