6 Manfaat Sedekah, Menghapus Dosa Hingga Dapat Syafaat

16 Aug 2021

Dengan melakukan sedekah, ada banyak sekali manfaat sedekah yang didapatkan. Dalam Islam, melakukan sedekah bisa berupa uang maupun benda. Jadi, tergantung kepada orang yang mau sedekah nantinya. 

Apapun jenisnya yang terpenting bisa memberikan manfaat bagi si penerimanya. Selain itu, sedekah tidak harus dengan barang baru melainkan bisa dengan melakukan perbuatan baik. Untuk itu, ada beberapa manfaat bersedekah dibawah ini:

Bisa Menghapus Dosa

Banyak orang yang mengatakan kalau melakukan sedekah bisa menghapus dosa. Baik itu dalam dosa yang besar maupun dosa yang kecil akan dimaafkan. Manfaat sedekah ini juga tercantum dalam hadits bernama Tirmidzi yang dishahihkan oleh Albani. 

Bahkan di dalam hadits mengatakan kalau dosa bisa dihapus seperti air yang memadamkan api. Selain itu, hal yang perlu dilakukan adalah berserah diri kepada Allah SWT. Lalu minta ampun saja kepada Allah SWT yang maha kuasa. 

Bisa Mendapatkan Syafaat

Biasanya orang yang melakukan sedekah akan mendapatkan syafaat di akhirat atau hari akhir. Hal ini termasuk ke dalam salah satu manfaat sedekah yang bisa didapatkan. Rasulullah SAW juga mengatakan hanya 7 manusia yang akan mendapatkan naungan Allah SWT di hari akhir. 

Rasulullah SAW juga mengatakan dalam haditsnya yang berkata orang yang melakukan sedekah tangan kanan tidak akan ketahuan oleh tangan kiri. Bahkan tangan kiri pun tidak tahu berapa jumlah yang disedekahkan oleh tangan kanan. 

Bisa Mendapatkan Keberkahan

Menyedekahkan berupa harta tentu bisa berguna dan bisa mendapatkan keberkahan. Daripada membuang uang hanya untuk membeli barang yang tidak penting. Tentu uang itu akan sia-sia saja untuk dikeluarkan. 

Lebih baik menggunakannya dengan sedekah sebab manfaat sedekah satu ini bisa berupa mendapatkan keberkahan. Rasulullah SAW pun berkata tidak ada orang yang kekurangan uang jika bersedekah. Tetapi Allah akan memberikannya kembali uang lebih banyak dari itu. 

Selain uang yang disedekahkan bisa menjadi berkah, tentu uang itu bisa dikembalikan lagi oleh Allah SWT. Bahkan melakukan sedekah bisa menambah pahala, dan Allah juga tak akan segan-segan untuk menambahkan pahala anda. 

Mencegah Berbuat Maksiat

Bagi seorang pedagang melakukan hal jual beli sudah terbiasa. Tetapi tetap saja harus ada sedekah yang dikeluarkan oleh orang lain. Selain bisa berbagai kepada orang yang membutuhkan ada banyak manfaat sedekah yang bisa dirasakan. 

Rasulullah SAW bersabda sesungguhnya maksiat dan dosa merupakan kedua hal yang sering ada di jual beli. Salah satu hal agar menyiasatinya adalah dengan melakukan sedekah. Hal ini juga terangkum dalam hadits riwayat Tirmidzi no 1208. 

Bisa Merasakan Kebahagiaan

Melakukan sedekah bisa memunculkan rasa kebahagiaan yang muncul dalam diri sendiri. Ibaratnya jika dibandingkan orang yang pelit dengan orang yang sedekah. Ibarat kedua orang dengan baju berbeda yang satu memakai baju besi dengan ketat. 

Sedangkan kalau orang yang sering sedekah memiliiki baju yang longgar dan enak digunakan. Walaupun longgar tidak terlihat bagian tubuhnya sama sekali dan tidak menimbulkan bekas di kulit. Hal ini juga ada di dalam hadits riwayat Bukhari no 1443. 

Ternyata ada banyak sekali manfaat sedekah yang bisa dirasakan oleh umat islam. Salah satunya bisa merasakan kebahagiaan hanya dengan melakukan sedekah saja. Bukan hanya itu saja, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan.

foto: blog.wecare.id