5 Keutamaan Malam Lailatul Qodar, Bulan Penuh Manfaat

01 Oct 2021

Bagi sebagian umat islam mendapatkan keutamaan malam lailatul qodar merupakan hal yang luar biasa. Sebab malam ini merupakan malam yang sudah ditunggu oleh para umat muslim. Bahkan malam ini sering disebut-sebut sebagai malam yang lebih baik daripada 1000 bulan. 

Bahkan hal ini pun pernah dijanjikan oleh Allah SWT yang akan memberikan beragam keberkahan hingga kemuliaannya. Pada dasarnya ada banyak sekali berbagai keutamaan yang bisa anda rasakan. Berikut ini ada beberapa keutamaan yang bisa anda dapatkan:

Turunnya Al-Quran

Keutamaan malam lailatul  qodar yang pertama adalah karena malam turunnya Alquran. Al-Quran merupakan kitab suci umat islam yang hanya turun di malam lailatul qadar saja. Bahkan hal ini pun terangkum dalam firman Allah di surah Al-Qadr ayat 1-5. 

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar,”.

Lebih Baik Dibanding 1000 Bulan

Keutamaan malam lailatul qodar selanjutnya adalah lebih baik dibanding 1000 bulan. Malam lailatul qadar memang merupakan malam paling dinanti oleh umat islam. Biasanya malam lailatul wadar hanya muncul pada bulan Ramadan saja. 

Bahkan banyak orang berpendapat siapapun yang beramal di bulan Ramadan terutama di malam qadar. Tentu akan mendapatkan pahala yang setara dengan 1000 bulan. Hal ini pun sudah dipercayai oleh beberapa ulama. 

Pihak ulama sendiri mengatakan seribu bulan atau alfu syahrin bisa diperkirakan sekitar 83 tahun 4 bulan. Sehingga tak heran kalau banyak orang berlomba-lomba hanya ingin untuk merasakan beramal di malam yang penuh dengan keutamaan malam lailatul qodar. 

Malaikat Turun Ke Bumi

Saat malam lailatul qadar tiba, dipercaya para malaikat berbondong-bondong datang ke bumi. Salah satunya agar mampu melihat dan mengaminkan permintaan para umat Islam. Hal ini pun terangkum dalam QS Al-Qadr ayat 4 terkait keutamaan malam lailatul qodar

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.”. Hal ini pundikatakan oleh Al-Imam Al-Qurthubi yang mengatakan malaikat akan turun ke bumi sampai fajar terbit. 

Bisa Mendapatkan Keselamatan

Keselamatan bisa anda dapatkan dengan mudah jika menemukan keutamaan malam lailatul qodar. Bahkan Allah pun mengatakan di dalam Surah Al-Qadr tidak ada menetapkan hal lain melainkan hanya ada keselamatan saja. 

Di malam lailatul qadar ini, anda akan mendapatkan keselamatan hingga waktu subuh tiba. Itu artinya di malam itu tidak akan ada setan atau jin melakukan perbuatan jahat. Melainkan hanya perbuatan baik saja yang bisa anda rasakan. 

Bisa Mendapatkan Keistimewaan

Nabi Muhammad SAW mengatakan kalau hanya pengikut Nabi saja yang bisa merasakan keistimewaan di malam lailatul qadar. Hal ini tertera dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Malik pada Al-Muwaththa.

“Rasulullah diperlihatkan umur-umur manusia sebelumnya yang relatif panjang sesuai dengan kehendak Allah, sampai (akhirnya) usia-usia umatnya semakin pendek (sehingga) mereka tidak bisa beramal lebih lama sebagaimana umat-umat sebelum mereka beramal karena panjangnya usia mereka. Maka Allah memberikan Rasulullah lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan.”

Dengan berbagai keutamaan yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Hal ini bisa menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi umat islam. Sebab tidak semua umat islam bisa berjumpa kembali pada malam lailatul qadar selanjutnya. 


sumber foto liputan6