5 Keutamaan Berbakti Kepada Kedua Orang Yang Wajib Diketahui

12 Dec 2018

Sebagai seorang anak tentu salah satu tugas utamanya adalah berbakti kepada kedua orang tua. Dalam agama Islam, ajaran ini menjadi sebuah kewajiban mutlak. Bukan hanya sebagai rasa terima kasih telah di didik dan juga dirawat. Melainkan Allah SWT telah mengkaruniakan beberapa keutamaan bagi anak yang berbakti. Berikut ini lima keutamaan berbakti kepada kedua orang tua :

1. Sebagai Amal Paling Utama

Keutamaan berbakti kepada orang yang pertama yaitu menjadi sebuah amal pahala yang paling utama. Sebuah hadist sahih Rasulullah  dalam riwayat Bukhari dan Muslim sangat jelas diterangkan bahwa Allah SWT menyebutkan amal-amal utama yang paling dicintai Allah salah satunya berbakti kepada kedua orang tua.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bertanya Allah terkait amal yang paling utama dan dicintai  ada tiga. Yang pertama yaitu shalat pada waktunya (riwayat lain menyebutkan shalat di awal waktunya). Yang kedua yaitu berbakti kepada kedua orang tua, sedangkan ketiga yaitu jihad di jalan Allah.

2. Memperoleh Ridho Allah

Sebuah hadist yang telah diriwayatkan Imam Bukhari dalam Adabul Mufrad, Ibnu HIbban, Hakim dan Imam Tirmidzi dari sahabat Abdillah bin Amr bin Ash Radhiyallahu ‘anhuma menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bawah Ridho Allah itu tergantung pada ridho orang tua dan murka Allah juga tergantung pada murka orang tua.

3. Mampu Menghilangkan Kesulitan

Dalam sebuah Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim pada bab Qishshah Ashabil Ghaar Ats Tsalatsah Wat-Tawasul bi Shalihil A’mal telah diceritakan secara lengkap tentang jalan yang Allah berikan  pada seorang pemuda. Ketika salah satu dari tiga pemuda yang terjebak dalam sebuah gua, kemudian memohon Allah SWT agar dibukakan pintu gua, maka dengan amal baktinya kepada kedua orang, Allah mudahkan pintu gua terbuka.

4. Diluaskan Rezekinya

Dalam hadist Bukhari dan Muslim serta Abu Dawud disebutkan bahwa : barangsiapa seseorang yang ingin diluaskan rizkinya serta dipanjangkan umurnya maka hendaklah menyambung tali silaturahmi. Silaturahmi disini diutamakan silahturahmi kepada kedua orang tua. Sehingga sudah cukup jelas bawah keutamaan berbakti kepada kedua orang tua dapat meluaskan rizki serta memanjangkan umur.

5. Dimasukkan Ke Surga-Nya

Sebuah hadist Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam menyebutkan bahwa anak durhaka tidak akan mampu memperoleh surga. Sehingga kebalikan dari hadist itu bahwa anak yang berbakti kepada kedua orang tua akan memperoleh serta masuk ke dalam Jannah (Surga) atas ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 


ibu